Bertemakan Jurnalis, Mata Publik Ajak Penggiat Pers Hadiri Diskusi Hari Ini

Diskusi Mata Publik dengan tema I'm Jurnalis.

Siantar, Lintangnews.com | Memperingati Hari Pers Nasional, Komunitas Mata Publik adakan diskusi bertema I’m Jurnalis, Senin (11/2/2019).

“Sebagai wujud kebanggaan kami kepada penggiat pers, kami mengundang kepada khusus kepada wartawan dan masyarakat agar hadir dalam diskusi kami yang akan dilaksanakan,besok di Pininta Cafe” tutur Way, salah satu penggurus Mata Publik melalui pesan tertulisnya.

Menurutnya, memasuki era digital penyebaran informasi mengalami kemajuan dan kemudahan. Kegiatan jurnalistik juga mengalami perubahan dan memiliki tantangan baru.

“Saat ini informasi merupakan kebutuhan masyarakat pada umumnya, karena itu pers sebagai media massa menjadi salah satu pilar membangun dan mempererat pesatuan bangsa. Kita ingin ingatkan pentingnya peran pers khususnya di Kota Siantar dan mendukug lembaga pers menjalankan kebebasannya,” ucap Way.

BACA JUGA   Disnaker Asahan Berangkatkan 8 Orang Ikuti Pelatihan di BBPLK Bekasi 

Meski profesi pers dilindungi konstitusi dalam menjalankan tugas jurnalistik, kekerasan terhadap wartawan masih juga terjadi.

“Kekerasan wartawan dan penjeratan wartawan keranah pidana, terjadi belakangan hari di Siantar. Ini penting untuk dibahas. Tujuannya mencari solusi guna terjaminnya kebebasan pers dan keamanan wartawan,” tutur mahasiswa Universitas Simalungun (USI) tersebut.

Diskusi akan dihadiri oleh 5 pembicara seperti Daulat Sihombing, seorang Praktisi Hukum, Alvin Nasution yang merupakan mantan Pimpinan Redaksi (Pimred) Metro Siantar, Jannes Silaban pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Simalungun, Abhotneo Naibaho. wartawan dan perwakilan dari Polres Siatar.

BACA JUGA   Kepala Retak Tertimpa Pagar, Anak 2,5 Tahun Ini Berharap Uluran Tangan

Diskusi akan dilaksanakan di Pininta Cofi Jalan. MH Sitorus, hari ini sekira pukul 15.00 WIB. (elisbet)