BPBD Tobasa Selalu Sigap Pantaua Bencana Longsor saat Musim Penghujan

Kepala BPBD Tobasa, Herbet SP Pasaribu.

Tobasa, Lintangnews.com | Menghadapi musim penghujan yang akhir-akhir ini mengguyur Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan pemantauan di daerah yang rawan longsor dan tanggul, serta sungai kemungkinan jebol.

Seperti dikatakan Kepala BPBD Tobasa, Herbet SP Pasaribu, curah hujan yang mengguyur daerah itu demikian besar, sehingga bisa saja menimbulkan bencana longsor dan jebolnya tanggul dan meluapnya sungai yang menyebabkan kebanjiran.

“Namun hingga saat ini belum ada kejadian bencana, tetapi tidak tertutup kemungkinan akan terjadi melihat curah hujan yang cukup deras hampir di seluruh pelosok Toba Samosir,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/10/2018).

BACA JUGA   Diterlantarkan Keluarga, Pria Tanpa Identitas Hembuskan Nafas Terakhir

Namun meskipun kondisi saat ini masih tahap aman dan kondusif, personil BPBD Tobasa selalu melakukan rutinitas pemantauan daerah yang rawan, yang mungkin terindikasi rawan banjir dan longsor.

Herbet juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai, kaki bukit dan gunung agar lebih berhati-hati terhadap kemungkinan yang terjadi.

“Apabila ada indikasi bencana di sekitar kita supaya secepatnya melaporkan kepada pemerintah setempat, Kepala Desa, Camat atau pun langsung pada BPBD, sebelum terjadi bencana yang dapat memakan korban lebih banyak,” pungkas Herbert.(asri)

BACA JUGA   Menang Pra Peradilan, Flora Tetap Ditahan dan Ditetapkan Tersangka

Related Post