Bupati Buka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Batubara 2018

Peserta Bursa Inovasi Desa Kabupaten Batubara 2018.

Batubara, Lintangnews.com | Bupati RM Harry Nugroho diwakili Asisten II Perekonomian Setdakab, Renold Asmara membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Batubara di Pendopo Zahir Jalan Perintis Kemerdekaan di Desa Empat Negeri, Kecamatan Limapuluh, Kamis (8/11/2018).

Bupati menyampaikan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangan Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 untuk meningkatkan kapasitas dan mengoptimalkan penggunaan dana desa sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“PID diselenggarakan Kementerian Desa (Kemendes) dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program sebelumnya yang difokuskan pada pendamping desa dalam pelaksanaan UU Desa,” sebut Bupati.

BACA JUGA   300 Pramuka di Asahan dan Tanjungbalai Ikuti Pelatihan Bencana

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Mohammad Nasir mengatakan, dengan adanya bursa inovasi desa di Kabupaten Batubara untuk meningkatkan dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke Kabupaten/Kota.

“Melalui PID diharapkan agar betul-betul dimusyawarahkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jajaran di desa bersama kecamatan untuk mencapai suatu pembangunan yang efesien dan efektif,” sebut Nasir.

Kegiatan tersebut dihadiri Konsultan Didik Idryanto, Kepala Desa (Kades) dan Ketua BPD se Kabupaten Batubara.

Di akhir kegiatan, Asisten II dan Kadis PMD didampingi konsultan mengunjungi stand. (welas)

BACA JUGA   Kota Tebingtinggi Peringati Hari Pahlawan ke 73