Desa Sidourip Masuk 6 Besar Nominasi Lingkungan Bersih dan Sehat Nasional

Kedatangan Tim Verifikasi Kemenkes di Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang.

Deliserdang, Lintangnews.com | Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang masuk nominasi 6 besar tingkat nasional kategori penilaian Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Hal ini diketahui setelah tim Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan verifikasi LBS di Desa Sidourip, Selasa (19/3/2019).

Tim Verifikasi Kemenkes dipimpin Endang Budi (TP-PKK Pusat), Diana Nurhayati dan Wahyu didampingi pengurus TP-PKK Provinsi Sumatera Utara, Teja Syarifuddin dan Deliana.

Kedatangan tim disambut Ketua TP-PKK DeliSerdang, Yunita Ashari Tambunan, Camat Beringin, Ayub serta para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Deliserdang dan UPT.

Yunita Ashari Tambunan dalam sambutan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Verifikasi Kemenkes. Menurutnya, kunjungan itu membahagiakan pihaknya, selain bisa bertemu langsung dengan Tim Verifikasi.

BACA JUGA   Hilang Kendali, Septor Tanpa Nopol Terjatuh di Jalan Siantar-Perdagangan

“Desa kami menjadi penilaian kategori LBS. Desa Sidourip ini merupakan terbaik pertama tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori LBS, oleh karena itu kami menyambut baik Tim Verifikasi,” sebutnya.

Namun menuturnya, selain Desa Sidourip mendapat gelar terbaik, tentunya masih ada kekurangan. Pihaknya juga memohon pembinaan dari Tim Verifikasi agar Desa Sidourip menjadi terbaik di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi, Endang Budi mengatakan, kegiatan ini bukan hanya penilaian saja, akan tetapi memverifikasi desa dan melihat langsung sejauh mana program LBS dijalankan.

Menurutnya, saat ini Desa Sidourip masuk 6 besar kategori LBS tingkat nasional. Selain Desa Sidourip dari Deliserdang, ada 5 daerah lagi yang diverifikasi yakni, Pasaman Barat (Sumatera Barat), Merangin (Jambi), Lampung, Wonosobo (Jawa Tengah) dan Sleman(Daerah Istimewa Yogyakarta).

BACA JUGA   Ini Alasan ILAJ Minta Buka C1 Plano di Tingkat Kecamatan

“Kami berharap Desa Sidourip bisa menjadi terbaik nantinya. Kami berharap juga pada PKK Desa Sidourip terus meningkat kan pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Jangan berhenti sampai diverifikasi ini saja, agar kedepannya menjadi contoh buat desa lain maupun daerah lain di Indonesia.

Sebelumnya, kedatangan Tim Verifikasi disambut tarian dari TK Hati Bunda, dilanjutkan peninjauan stand kuliner dan kerajinan Desa Sidourip. (idris)