Dinkes Tobasa Sosialisasi Bahaya Merokok, Ini Penyakit yang Muncul

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinkes Tobasa, Mery H Naibaho saat memberikan sosialisasi bahaya merokok.

Tobasa, Lintangnews.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) memberikan sosialisasi tentang pemahaman bahayanya asap rokok bagi kesehatan tubuh manusia kepada anak didik, Kepala Desa (Kades), Tokoh Masyarakat, dan PKK Kecamatan Porsea di Kantor Kecamatan setempat, Senin (17/9/2018).

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinkes Tobasa, Mery H Naibaho menyampaikan, agar menayangilah tubuh dengan tidak merokok. Karena merokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

“Lebih parah lagi orang di sekitar anda yang disayangi seperti anak dan istri terkena imbasnya. Bahkan lebih parah, sebab resiko perokok pasif lebih parah dari yang aktif,” ucap Mery.

BACA JUGA   Pengurus Karetaker KNPI Siantar Mulai Kerja

Dia juga menjelaskan, di dalam tubuh seorang perokok dapat menimbulkan penyakit seperti, rambut rontok, katarak, gigi berlubang dan berwarna kuning (karies) dialami hampir semua perokok, kanker lidah, kanker mulut kelenjar ludah, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker payudara(banyak diderita wanita yang suaminya perokok, jari-jari pucat, kanker rahim dan kerusakan sperma bagi pria. “Di mana mutu dan jumlah sperma akan berkurang jika anda terus merokok,” terangnya.

Mery menambahkn, akibat merokok juga dapat mengakibatkan kulit keriput, hilangnya pendengaran, kanker kulit dan pengeroposan tulang(osteoporosis). Perokok juga berisiko mengalami mati mendadak 4 kali lipat dibanding bukan perokok(penyakit jantung) dan kanker paru (90 persen pasien kanker paru adalah perokok).

BACA JUGA   Menang Pra Peradilan, Flora Tetap Ditahan dan Ditetapkan Tersangka

“Ini juga bisa mengalami amputasi kaki, karena penyumbatan pembuluh darah, penyakit pembuluh darah dan pembusukan jari-jari kaki. Kemudian, penyakit emphysema, tukak lambung dan kanker lambung, kanker usus besar dan kanker anus, kanker ginjal, kandung kemih, penis, pankreas dan peradangan pada kulit yang sangat gatal,” pungkas Mery.

Dia juga menuturkan, agar kita terhindar dari banyaknya penyakit yang ditimbulkan, maka segeralah menjauhi yang namanya merokok. “Sebab kita yang hadir disini menginginkan kesehatan dan mencintai keluarga agar selalu sehat,” ucap Mery. (asri)

 

Related Post