Hasil Survei, Sejumlah Nama Caleg di Simalungun ‘Tersingkir’

Direktur Eksekutif, Humuntal bersama pengurus LSN.

Simalungun, Lintangnews.com | Suhu politik di Kabupaten Simalungun menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang dilaksanakan pada 17 April mendatang mulai memanas dan menegangkan.

Petugas survei sukarela dari LSN (Lembaga Survei Nusantara) mulai turun gunung dan hasilnya sejumlah nama Caleg (Calon Legislatif) tersingkir. Seperti, seorang caleg perempuan inisial RS, dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI yang diusung partai berwarna merah.

“Hasil survei yang kita lakukan melalui petugas di masing-masing Kecamatan, seorang Caleg berinisial RS tidak masuk nominasi,” sebut Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk, saat ditemui di kantornya lantai II komplek Mega Land Blok A 49, Selasa (8/1/2019).

Selanjutnya, hasil dari survei dilakukan petugas LSN, 2 orang Caleg lainnya inisial GLS dari Dapil IV dan WTPB asal Dapil VI yang diusung partai berwarna biru juga turut tersingkirkan.

“Itu berdasarkan survei yang langsung dilakukan ke tingkat Nagori dan bertemu dengan masyarakat pemilih. Survei ini independent,” jelas Humuntal sembari mengatakan, bahwa survei dilakukan selama 1 bulan penuh, sejak tanggal 1-30 Desember 2018.

BACA JUGA   Dipanggil Kejari Siantar, Reinward Simanjuntak Tak Ingin Ambil Pusing

Selain berdasarkan survei, ketiga nama Caleg dari 2 Dapil berbeda tersebut tersingkir atau tidak masuk nominasi juga berdasarkan analisasi yang disinkronkan dengan pendapat para tokoh dan pengamat politik di Kabupaten Simalungun.

“Sehingga, kesimpulannya, bila hari ini dilaksan Pileg, maka nama yang tidak masuk nominasi tersebut kalah,” jelasnya seraya menyampaikan survei untuk Kota Siantar dalam waktu dekat dilakukan.

Sementara, nama-nama yang paling berpeluang menduduki kursi DPRD Simalungun untuk Dapil I di antaranya, Elias Barus, Waridin Purba, Maren Girsang, Albert Sinaga, Mey Priadin Purba, Johalim Purba, Johialam Purba, Jarusdin Sinaga dan Apri Nopjun Saragih.

Kemudian, untuk dapil II, di antaranya Makmur Damanik, Franky Sanca Siahaan, Meiana Juwita Saragih, Tumpak Silitonga, Martua Simamora dan Najaruddin, Hetty Berliana Damanik, Sariadi Saragih dan Usmayanto.

BACA JUGA   Video Jasad Guru Cantik Elpi Manik Diusung Pelaku ke Pembuangan Sampah

Selanjutnya, untuk Dapil III, di antaranya Saut Fao Sinaga, Umar Yani, Joel Sinaga, Erna Sari Purba, Jaminta Purba, Irwansyah Sinaga dan Irianan.

Untuk Dapil IV, di antaranya Lindung Samosir, Suriyadi, Sastra Joyo Sirait, Binton Tindaon, Histony Sijabat, Hendra Sukmana Sinaga, Esron Simbolon, Ucok Alatas Siagian dan Muliyadi.

Untuk Dapil V, di antaranya, Dadang Pramono, Sugiarto, Bonauli Rajagukguk, Parlindungan Manalu, Golang Harianja dan Benfri Sinaga.

“Kalau untuk nama Ramanudin Purba, hasil dari survei kita juga tidak masuk nominasi,” papar Humuntal.

Sedangkan, untuk Dapil VI, di antaranya Timbul Jaya Sibarani, Maraden Sinaga, Sarudin Gultom, Ropael Harianja, Wardison Purba, Mansur Purba, Agus Irawan Sinaga, Agustin Budianto Damanik dan John Marudut Tua Saragih.

“Hasil survei ini tentu saja bisa berubah, tergantung dari kinerja dari caleg masing masing di lapangan, sebelum Pileg dilaksanakan,” kata Humuntal. (zai)

Related Post