Ini 4 Akibat Jika Tidur Salah Posisi

Ilustrasi tidur.

Jakarta, Lintangnews.com | Posisi tidur yang tepat bukan cuma menentukan kenyamanan. Jaminan bangun dalam kondisi bugar juga ditentukan oleh posisi yang tepat saat berbaring di ranjang.

Tidur dengan posisi yang tidak tepat bisa saja menyebabkan badan terasa pegal-pegal saat bangun. Bahkan bisa lebih buruk, kualitas tidur yang berkurang karena jalan napas tidak lancar dalam jangka panjang bisa menyebabkan tubuh mengalami kelelahan kronis.

  1. Lengan mati rasa

Pernahkah terbangun dengan salah satu lengan mati rasa atau kesemutan karena tidur miring? Ini biasanya terjadi karena lengan tersebut tertindih sehingga peredaran darah tidak lancar di bagian tersebut. Saraf-saraf tertekan sehingga fungsinya terganggu.

  1. Mimpi aneh
BACA JUGA   Ini Masukan untuk Pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh

Sebuah penelitian tahun 2012 menyebutkan bahwa tidur tengkurap bisa meningkatkan peluang mimpi erotis. Tekanan pada tubuh pada posisi ini mengaktifkan fantasi tertentu yang muncul saat tertidur.

  1. Nyeri punggung bawah

Low back pain atau nyeri punggung bawah tidak hanya disebabkan oleh postur yang buruk saat duduk dan berdiri. Saat tidur pun, postur perlu tetap dijaga agar punggung tidak melengkung dan mengalami tekanan pada titik tertentu. Seseorang yang bangun tidur dengan keluhan nyeri punggung bawah biasanya terlelap dengan posisi yang tidak ideal.

  1. Saluran napas tersumbat
BACA JUGA   DAG Jateng Blusukan di TPA Putri Cempo Solo

Ngorok atau mendengkur merupakan pertanda terjadinya penyempitan jalan napas. Biasanya terjadi karena gravitasi menarik pangkal lidah menutupi tenggorokan. Dunia medis mengenalnya sebagai sleep apnea alias henti napas saat tidur.

Risikonya paling besar ketika seseorang tidur dengan posisi telentang. Seseorang dengan kondisi demikian lebih dianjurkan untuk mengubah posisi tidurnya.

 

 

 

 

sumber : detik.com

Related Post