Ini Tindakan Kapolres Simalungun Kurangi Rawan Laka Lantas Akibat Hujan

Kegiatan pembersihan saluran air yang dilaksanakan jajaran Polres Simalungun dalam mengurangi rawan laka lantas akibat hujan.

Simalungun, Lintangnews.com | Curah hujan yang begitu tinggi akhir-akhir ini menyebabkan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Hal ini pun mendapatkan atensi dari Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan melakukan kegiatan antisipasi dalam mengurangi kerawanan laka lantas akibat air hujan, khususnya saat berkendara di jalan raya.

Dalam hal ini, AKBP Marudut mengajak pihak Pemkab Simalungun untuk bekerja sama dan mengarahkan para Kapolsek jajaran Polres Simalungun untuk melakukan pengerukan tanah atau parit di pinggiran jalan yang menyebabkan genangan air hujan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan umum.

“Apabila debit air hujan yang besar dan sampah yang menumpuk di parit atau selokan dapat menghambat aliran air, sehingga dapat berpotensi banjir,” sebut Kapolres.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan jajaran Polres Simalungun dengan melaksanakan pembersihan dan pengerokan saluran pembuangan air, Rabu (24/10/2018).

BACA JUGA   Kondisi Gedung dan Mobiler SDN 108152 Sei Serimah Memprihatinkan

Seperti Polsek Perdagangan melakukan kegiatan di Huta I Nagori Bandar Masilam I Kecamatan Bandar Masilam, Lingkungan Huta II, Kecamatan Pematang Bandar dan Huta IV Nagori Pematang Kerasaan, Kecamatan Bandar.

Kegiatan pembersihan saluran air untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Polsek Panei Tongah dilakukan di Nagori Simpang Raya Dasma, Nagori Janggirleto dan Gortak Nagori Simpang Panei, Kecamatan Panei, serta Huta Sawah II Nagori Simpang Panei, Kecamatan Panombean Panei.

Selanjutnya Polsek Raya melakukan pembersihan di Bulu Pange Nagori Merek Raya, Kecamatan Raya. Polsek Bangun di Jalinsum Km16 Nagori Senio, Kecamatan Gunung Maligas dan Huta IV Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar.

Sementara Polsek Dolok Panribuan di Dusun III Ladang Bandar Jambu, Nag Negeri Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan. Polsek Serbalawan di Huta Silenduk Nagori Silenduk, Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Polsek Sidamanik di Bahal Gajah Nagori Manik, Kecamatan Sidamanik.

BACA JUGA   Guru Olahraga Cabuli Siswinya dengan Modus Ekstra Kurikuler Sore

Kemudian, Polsek Bosar Maligasdi Huta IV Nagori Dusun Hulu, Kecamatan Ujung Pandang, Polsek Tanah Jawa di Nagori Bah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dan Huta Dipar, Nagori Parhundalian, Kecamatan Tanah Jawa, serta Polsek Balata di Nagori Pagar Pinang, Kecamatan Jorlang Hataran.

Kapolres menuturkan, dengan melakukan pengerokan tanah dan parit di pinggir jalan untuk mengalirkan air yang tergenang di jalan dan memperlancar aliran air hujan.

“Kita juga mengajak kerja sama dengan Pemkab Simalungun dan unsur pemerintah di tingkat Kecamatan dan Perangkat Desa/Nagori. Selain itu, menghimbau kepada warga agar waspada terhadap irigasi yang longsor saluran air dan giat bergotong royong guna menciptakan lingkungan yang bersih dan terhindar dari banjir mengingat curah hujan yang tinggi,” papar Kapolres. (zai)

Related Post