Kapolres Batubara : Program Pemerintah harus Berjalan dan Tepat Sasaran

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang berdialog dengan masyarakat.

Batubara, Lintangnews.com | Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui e-warung dan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemerintah yang harus berjalan dan tepat sasaran, karena itu harus mengawasinya.

Ini disampaikan Kapolres Batubara, AKBP Robin Simatupang pada sosialisasi PIP terhadap orang tua siswa-siswi SD dan SMP tahun 2019 di halaman SMP Negeri 1 Air Putih, Desa Sipare-pare, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, Selasa (12/2/2019).

Kapolres menuturkan, program itu diluncurkan pemerintah pusat dengan tujuan meningkatkan taraf hidup rakyat agar hidup sejahtera. Sementara peserta KIP dari keluarga miskin, pemegang KKS, kelainan fisik dan terdampak bencana alam merupakan sasaran program PIP.

BACA JUGA   Prabowo-Sandi Unggul di Tebingtinggi

Diakui AKBP Robin, saat ini masih ada penerima program bantuan yang tidak layak.  Disebutkan pendataannya masih kurang tepat, karena mengejar program kesejahteraan rakyat. “Tahun ini akan kita lakukan pendataan ulang,” ujar Kapolres.

Sebelumnya Plt Kadis Pendidikan Batubara, Riswandi menjelaskan, pemerintah pusat telah menyediakan biaya pendidikan bagi siswa yang berasal dari keluarga miskin melalui program PIP.

Camat Air Putih, Riady menyebutkan, PIP merupakan program pemerintah yang disalurkan kepada siswa semua tingkatan. Peluncuran PIP bertujuan untuk menekan angka putus sekolah pada usia wajib belajar.

“Semoga menjadi  motivasi bagi anak untuk belajar sungguh-sungguh dengan terbantunya biaya pendidikan melalui PIP,” harap Riady.

BACA JUGA   Di Siantar, Salah Satu Caleg Perindo Meninggal Dunia

Dia juga mengingatkan orang tua penerima PIP agar tidak menyalahgunakan bantuan PIP untuk kebutuhan lain di luar biaya pendidikan anak. Ditambahkan Riady, pemerintah pusat sudah menyediakan 2 komponen biaya agar siswa semua tingkat pendidikan dapat meneruskan pendidikannya.

Kedua biaya itu adalah biaya optional dalam bentuk PIP dan digunakan untuk peralatan sekolah dan transport anak. Kemudian biaya operasional melalui satuan pendidikan masing-masing dalam bentuk dana BOS.

Camat Air Putih juga memberi apresiasi kepada Kapolres yang telah banyak memperhatikan masyarakat Batubara bukan hanya di bidang sosial dan keagamaan, namun juga pendidikan. (welas)