Masyarakat Berharap Hari Jadi Tobasa ke 20 Fokus pada Seni Budaya Batak

Tarian tortor Batak.

Tobasa, Lintangnews.com | Dalam waktu dekat ini, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan merayakan hari jadi ke 20 yang biasanya dirayakan di bulan Maret nanti.

Seluruh masyarakat akan bersuka ria dengan terbentuknya Kabupaten Tobasa yang dibentuk pada tahun 1998 lalu dari pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

“Sebagai kawasan strategi pariwisata nasional, Kabupaten Tobasa sudah sepantasnya menampilkan seni budaya Batak, seperti tarian (tortor) yang melibatkan masyarakat dan pelajar,” sebut salah seorang warga, J Manurung, Senin (11/2/2019).

Menurutnya, Hari Jadi Kabupaten Tobasa dapat dikatakan pesta rakyat, sehingga perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari anak hingga dewasa. Ini agar semua warga merasa memiliki dan semakin mencintai Kabupaten Tobasa.

BACA JUGA   Pujakesuma Batubara Adakan Festival Kuda Lumping Piala Kapoldasu 

“Selayaknya menampilkan kekayaan seni budaya tortor, baik bazar karya seni keterampilan yang dimiliki Kabupaten Toba Samosir, akan menambah nilai jual dalam peringatan hari jadi maupun moment kegiatan di Tobasa,” papar J Manurung.

Selain mampu menjadi hal unik, dapat juga menjadi nilai jual pariwisata kepada dunia luar, sehingga wisatawan akan merasa bahwa Tobasa memiliki keunikan dan perlu untuk dikunjungi, sebab memiliki kekayaan budaya untuk dipelajari.

“Dengan demikian percepatan pembangunan pariwisata melalui seni budaya, memungkinkan mengalami percepatan naiknya kunjungan wisata di Tobasa, sehingga menguntungkan pelaku wisata seni budaya, pelaku wisata lainnya, terlebih untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” sebut J Manurung.(asri)

BACA JUGA   Cegah Terlibat Narkoba, Yonif 122/TS Ikuti Tes Urine Dadakan

Related Post