Menpan RB Serahkan Predikat B pada Pemkab Asahan

Sekda Asahan, Taufik saat menerima predikat B dari Menpan RB, Syarifuddin.

Asahan, Lintangnews.com | Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syarifuddin serahkan penghargaan dengan predikat B atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada Pemkab Asahan yang diterima Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Taufik Zainal Abidin di Bandung pada Senin (21/1/2019) lalu.

Kepada awak media di ruang kerjanya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rahmat Hidayat Siregar membenarkan penerimaan prestasi Pemkab Asahan dengan meraih predikat B itu.

“Secara nasional, Pemkab Asahan merupakan salah satu dari 185 pemerintah kabupaten/kota yang meraih Predikat B. Namun Pemkab Asahan tidak berpuas diri. Berbagai upaya akan terus dilakukan guna meningkatkan kinerja dan pelayanan publik,” ujar Hidayat, Rabu (30/1/2019).

BACA JUGA   Sarwono : Masyarakat harus Cerdas Memilih Presiden

Menurut Hidayat, SAKIP mengarahkan birokrasi agar menetapkan program dan kegiatan berdasarkan pada prioritas dan kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan undang-undang, serta mengamanatkan birokrasi menciptakan akuntabilitas kinerja melalui SAKIP.

“SAKIP merupakan katalisator terciptanya efisiensi melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja,” sebut Rahmat.

Lanjutnya, tahapan penerapan SAKIP dimulai dengan menetapkan sasaran strategis pada masing-masing instansi pemerintah sesuai dengan sasaran pembangunan nasional. Di mana sasaran strategis harus disertai dengan ukuran keberhasilan, jelas dan terukur. (heru)

Related Post