Perayaan Natal RNHKBP Taman Mini, Natal adalah Semangat Kebersamaan

Suasana perayaan Natal RNHKBP Taman Mini.

Jakarta, Lintangnews.com | Semangat kebersamaan yang dibangun oleh remaja dan pemuda (naposo bulung) gereja HKBP Taman Mini Resort Taman Mini dalam merayakan Natal 2018 ini merupakan momentum yang patut diapresiasi.

Sebab, perayaan Natal RNHKBP Taman Mini itu akan menambah kedekatan hubungan secara rohani antara remaja dan pemuda gereja HKBP yang satu sama lainnya.

Ketua Natal Umum HKBP Taman Mini Resort Taman Mini, Parulian Siregar  mengatakan, remaja dan pemuda adalah generasi penerus HKBP secara keseluruhannya. Untuk itu, kedamaian dan semangat kebersamaan di tengah remaja dan pemuda HKBP harus terus dibangun dan diperkuat oleh seluruh jemaat dan pihak gereja.

“Natal adalah semangat kebersamaan. Melalui perayaan Natal yang seperti ini, RNHKBP Taman Mini dan NHKBP lainnya hadir dalam suasana kebersamaan dan penuh kedamaian,” ucap Parulian Siregar dalam sambutannya, di Gereja HKBP Taman Mini Resort Taman Mini, Jakarta, Sabtu (29/12/2018) malam.

Dalam konteks itu, menurut Parulian, semangat kebersamaan remaja dan pemuda HKBP itu modal terbesar yang harus dijaga dan dikembangkan secara terus menerus, agar pembinaan rohani RNHKBP semakin hari tambah lebih baik ke depannya.

“Semangat kebersamaan Natal ini harus menjiwai setiap remaja dan pemuda HKBP, untuk menjaga keharmonisan kehidupan secara rohani baik di lingkungan gereja maupun lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Parulian berharap.

Dia pun mengapresiasi penampilan paduan suara (koor) lagu pujian yang dibawakan oleh para remaja dan pemuda dari HKBP Cijantung, HKBP Cipayung Cilangkap, dan HKBP Cibubur. Selain itu, hadir juga remaja dan pemuda HKBP Sutoyo, dan HKBP Gedong Pasar Rebo.

“Saya merasakan betul, betapa bersemangat dan enerjik sekali penampilan paduan suara (koor) remaja dan pemuda HKBP, dan ini terbukti bahwa perayaan natal RNHKBP Taman Mini memang telah dipersiapkan bagus sekali,” puji Parulian disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh remaja dan pemuda HKBP itu.

Penyalaan lilin dalam perayaan Natal RNHKBP Taman Mini.

Sebagai orang tua, dia mengakui kagum sekali. Dia sangat senang melihat persiapan awal hingga akhir acara dalam perayaan Natal itu berjalan dengan baik dan penuh semangat kebersamaan.

BACA JUGA   Video Kapolres Tobasa Ajak Wartawan Coffee Night di Kedai Kopi Partungkoan Balige

“Kepada Ketua Natal RNHKBP Taman Mini, Cristal Nababan, saya mengerti pastilah ada tantangan dalam mempersiapkan perayaan natal semeriah ini. Tetapi RNHKBP Taman Mini telah mampu mengatasi semua tantangan itu, Selamat Natal, Tuhan Yesus Memberkati,” tutup Parulian yang kembali disambut tepuk tangan meriah.

Berpantun Jenaka
Ketua Dewan Koinonia HKBP Taman Mini, St DJ Hutabarat menuturkan, sembari berpantun jenaka kepada seluruh remaja dan pemuda HKBP Taman Mini dan lainnya, agar saling membangun semangat kebersamaan yang sama. Saling memaafkan apabila ada terjadi kesalahpahaman atau berselih pendapat dan berbeda sikap di dalam kesehariannya.

“Kalau ada jarum yang patah jangan disimpan dalam peti. Kalau ada ucapan yang salah jangan disimpan dalam hati,” ucap St DJ Hutabarat yang sontak mengundang sorak sorai dan tepuk tangan semua remaja dan pemuda HKBP yang hadir dalam perayaan Natal itu.

Sintua HKBP Taman Mini yang satu ini memang punya ciri khas tersendiri dalam memberikan sambutannya. Dia sangat piawai mengundang riuh suasana melalui pantun jenaka tersebut.

Satu lagi, sergahnya kemudian, sambil melanjutkan pantun jenaka lainnya. Semua remaja dan pemuda HKBP tampak antusias dan kembali bersorak sorai sembari mengatakan, cakep, cakep.

“Satu lagi, kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang pastilah kita bertemu kembali 2019 nanti,” sebutnya kembali membuat riuh suasana tepuk tangan.

Dia menambahkan, bahwa pesan Natal sejatinya ialah membawa kedamaian dan semangat kebersamaan yang semestinya direfleksikan juga di dalam kehidupan kerohanian sehari-hari oleh semua remaja dan pemuda HKBP saat ini.

Foto bersama para remaja dan pemuda RNHKBP Taman Mini.

Tak pelak, dia kembali berpantun jenaka dalam mengakhiri sambutannya. “Ambil cucian ke rumah Desi di Bekasi. Cukup sekian, terima kasih, dan Tuhan Yesus memberkati,” tutupnya disambut riuh tepuk tangan semua remaja dan pemuda HKBP.

BACA JUGA   Luka Sajam dan Darah, Motif Penemuan Mayat Perempuan di Kebun Laras masih Misterius

Kedamaian Dalam Keseharian

Sementara itu, Ketua Panitia Natal RNHKBP Taman Mini, Cristal Nababan, meminta agar remaja dan pemuda HKBP dapat merasakan suasana kedamaian dan semangat kebersamaan itu bukan hanya pada saat merayakan Natal saja, tetapi juga harus dibawa dalam kesehariannya.

“Biarlah teman-teman (RNHKBP) boleh merasakan suka cita Natal pada hari ini, boleh merasakan KasihNya Tuhan, dan boleh merasakan kedamaian itu bukan cuma pada hari ini saja, tapi di setiap harinya juga,” ujar Cristal dengan senyum sumriah.

Untuk itu, dia sangat berharap, ketika RNHKBP sudah merasakan hikmat Tuhan, maka biarlah itu boleh menjadi berkat bagi banyak orang, dan juga memotivasi bagi kehidupan remaja dan pemuda HKBP lainnya.

Sebelumnya itu, Cristal juga mengungkapkan, beberapa rangkaian kegiatan Natal yang sudah dilaksanakan oleh RNHKBP Taman Mini yang bekerja sama dengan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI).

“Pada 24 November 2018 lalu, kami mengundang teman-teman dari KPSI untuk mengadakan seminar tentang kesehatan mental dan kesehatan jiwa di gereja HKBP Taman Mini,” ungkap Cristal sembari meminta panitia Natal menampilkan foto-foto kegiatan seminar melalui slide proyektor.

Lebih lanjut, Cristal menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan menyukseskan perayaan Natal RNHKBP Taman Mini tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh panitia, dan mohon maaf bila saya ada kekurangan dalam persiapan perayaan Natal ini. Saya sangat bersyukur bisa mempunyai kalian (tim panitia) yang saling mendukung satu sama lain, sehingga perayaan Natal RNHKBP bisa hadir seramai ini,” ucapnya penuh syukur.

Ucapan syukur itu disampaikannya sembari pemutaran mini video mengenai profil para panitia natal RNHKBP Taman Mini.

Tak lupa, dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh donatur yang sudah membantu dalam persiapan perayaan Natal RNHKBP Taman Mini. (tim)

Related Post