Perlombaan Kapal Motor GT 10+, Ini Penjelasan Kapolres Simalungun

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan didampingi jajarannya memberikan keterangan pers.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan didampingi Kabag Sumda, Kompol Kitaman Manurung, Kasat Lantas, AKP Hendri ND Barus, Kapolsek Raya, AKP R Sinaga dan Kasubbag Sapras, AKP Karman Samosir menggelar press release dalam rangka pelaksanaan perlombaan Kapal Motor GT 10+, Jumat (9/11/2018) di Asrama Polisi (Aspol) Polres Simalungun Jalan Sangnawaluh, Kota Siantar.

Perlombaan ini bertujuan agar tidak terulang kembali tenggelamnya kapal di Perairan Danau Toba.

Juga untuk meningkatkan pariwisata di kawasan Danau Toba baik lokal maupun mancanegara, serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap keselamatan pelayaran kapal di kawasan Danau Toba terlebih saat perayaan Hari Besar Keagamaan.

“Perlombaan akan dilaksanakan pada Senin (12/11/2018) sekira pukul 07.00 WIB sampai selesai di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Ini akan diikuti sekitar 58 orang pemilik kapal dari Simalungun sebanyak 44 kapal, Tapanuli Utara (Taput) 2 kapal dan Samosir 12 kapal,” sebut Kapolres.

BACA JUGA   Video Anggota DPD RI Parlindungan Purba dan Bupati Tobasa Tinjau Pembuatan Galangan Kapal

Ada pun hadiah untuk juara I uang tunai sebesar Rp 15 juta ditambah piala, juara II Rp 10 juta dan piala, juara III Rp 5 juta dan piala, juara harapan I Rp 3 juta dan piala, juara harapan II uang Rp 2,5 juta dan piala dan juara harapan III Rp 1,5 juta dan piala. Khusus untuk Simalungun biaya pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis.

AKBP Marudut menuturkan, kegiatan dimaksud menyangkut perlombaan kelaikan, keselamatan, dan kebersihan kapa.

Dilanjutkan dengan pembagian live jacket pada pemilik kapal di Parapat, penaburan bibit ikan emas, pasar murah, pengobatan gratis, operasi bibir sumbing, dan pelayanan catatan sipil.

BACA JUGA   Papan Bunga Padati Sekitar Rumah Duka Ustadz Abdul Somad di Asahan 

Lanjutnya, sinergitas kegiatan ini akan dihadiri dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub), KNKT ( Komite Nasional Keselamatan Transportasi), BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Koorpolairud, Syahbandar Transportasi, Politehnik Pariwisata, PT Perkebunan Nusantara IV dan Pemkab Simalungun.

Kegiatan itu juga didukung PT STTC, PT TPL dan PT Esema, serta akan dihadiri 7 Kabupaten yang mengelilingi kawasan Perairan Danau Toba. Perlombaan itu diperkirakan akan ditonton 10.000 orang pengunjung, serta dihibur artis ibukota Style Voice Trio, Dilza dan artis mancanegara Beby Shima. (zai)

Related Post