Polres Siantar Ringkus Pelaku Teror ‘Bom’ Tas Hitam di Depan Alfamart

Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu memberikan keterangan pers pada wartawan.

Siantar, Lintangnews.com | Polres Siantar berhasil mengungkap pelaku teror ‘bom’ tas hitam di depan Alfamart Jalan Melanthon Siregar, Kelurahan Suka Raja, Kecamatan Siantar Marihat, Sabtu (13/4/2019) kemarin.

Namun saat dievakuasi tim Jibom Brimob Subden II Detasemen B Kota Siantar, tas hitam itu tenyata tidak bom, hanya sebuat pot bunga berisikan tanah.

Diketahui pelaku berinisial IHN (17) seorang pelajar kelas 2 salah satu SMA di Siantar.

“Pelaku diamankan petugas dari kediamannya di Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Minggu (15/4/19) sekira pukul 23.00 WIB,” kata Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu dalam konferensi pers di Polres Siantar, Senin (15/4/2019).

BACA JUGA   Mancing di Kolam Mekar Bahalat, OTK Ditemukan Meninggal Dunia

Heribertus menyampaikan, awalnya pelaku mengambil tas yang tidak terpakai di sekolahnya. Kemudian menulis ‘Ada Bom, Mati Kalian dan Lailailah. Lalu pelaku pergi ke Jalan Melanthon Siregar dan mengisi pot bunga ke dalam tas yang diambil dari rumah kosong di samping Alafamart.

Pelaku IHN (17) yang diamankan petugas.

“Tulisan yang ada di tasnya itu pelaku menulisnya di sekolah,” ucap AKBP Heribertus.

Kapolres menuturkan, aksi pelaku tidak ada kaitannya dengan teroris atau kelompok-kelompok radikal lainnya.

“Jadi memang dari diri sendiri pelaku dan sudah kita periksa. Nanti akan kita tindak lanjuti,” paparnya.

BACA JUGA   Banyak Korban Jatuh, Warga Pematang Biara Minta Jembatan Diaspal

Motif pelaku melakukan aksinya karena ingin mengikuti April Mop. “Jadi motif pelaku iseng-iseng saja untuk menyambut April Mop,” ujar AKBP Heribertus

Sementara untuk pelaku dipersangkakan pasal 6 Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Terorisme, dengan diancam 5 tahun kurungan penjara. (irfan)