Senator John McCain Tutup Usia karena Kanker Otak

Senator Amerika Serikat asal Arizona, John McCain(Kompas.com/SABRINA ASRIL)

New York, Lintangnews.com | Senator Amerika Serikat yang dikenal sangat vokal, John McCain, meninggal dunia pada usia 81 tahun karena kanker otak yang dideritanya. Beberapa hari lalu, dia sudah menolak pengobatan penyakitnya.

“Senator John Sidney McCian III meninggal pada 25 Agustus 2018 pukul 16.28 waktu setempat,” demikian diumumkan pihak kantor McCain, seperti dilansir dari nbcnews.com, Minggu (26/8/2018).

Saat menghembuskan nafas terakhir, McCain didampingi oleh Cindy (istrinya) dan keluarganya. Mantan tawanan perang dan calon Presiden Partai Republik 2008 ini didiagnosis menderita kanker otak pada Juli 2017. Anggota parlemen asal Arizona itu sempat menjalani operasi untuk mengeluarkan gumpalan darah beku dari atas mata kirinya. 

“Hasil tes mengungkapkan bahwa tumor otak primer yang dikenal sebagai glioblastoma berkaitan dengan gumpalan darah beku itu,” kata pihak Mayo Clinic di Phoenix, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor McCain kala itu.

Ini bukan pertarungan pertama McCain melawan kanker. Dokter telah mengangkat beberapa melanoma maligna pada kulit McCain pada tahun 1990-an dan 2000-an, termasuk melanoma invasif pada tahun 2000.

Glioblastoma adalah tumor otak yang sangat agresif yang menggerogoti orang dewasa. Kanker dengan kategori yang sama telah menyebabkan kematian Senator AS lainnya, yakni Ted Kennedy, yang meninggal pada 2009 di usia 77 tahun.

 

 

 

sumber : kompas.com

Related Post