Tes Urine Bisa Pakai iPhone, Ini Caranya

TestCard untuk iPhone. (Foto: TestCard)

Jakarta, Lintangnews.com | Kalau biasanya pemeriksaan urine dilakukan harus di rumah sakit atau laboratorium kesehatan, kini yang kamu butuhkan hanya smartphone untuk melihat kesehatan berdasarkan tes urine. Hal itu bisa dilakukan berkat kehadiran sebuah kartu pintar bernama TestCard.

Dengan TestCard, semua orang bakal bisa mengecek tekanan darah, kadar gula dan kesehatan lainnya hanya dengan sebuah perangkat kecil seperti test pack yang dihubungkan dengan iPhone.

Tentu saja alat ini belum mampu menggantikan peran dokter dalam menangani masalah kesehatan. Namun, perangkat ini mampu mendeteksi gejala pada masalah kesehatan layaknya check-up di dokter sehingga jika pengguna menemukan hal yang tidak diinginkan, mereka bisa segera ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA   Video Jasad Guru Cantik Elpi Manik Diusung Pelaku ke Pembuangan Sampah

Untuk pemakaiannya, pengguna harus memiliki kartu uji kesehatan tersebut. Penggunaannya dan bentuknya kurang lebih mirip seperti test pack pada perempuan untuk menguji kehamilan.

Kemudian pada bagian yang ditetesi urin, dipindai menggunakan kamera iPhone melalui aplikasi TestCard yang sudah diinstal sebelumnya. Hasil tes urine kemudian akan muncul pada aplikasi di smartphone.

Tes urine alias urinalysis sebenarnya adalah sebuah tes kesehatan dengan menggunakan urin untuk menentukan zat-zat apa saja yang ada pada kandungan urine seseorang. Mulai dari kandungan narkotika atau gangguan kesehatan lain, seperti penyakit lambung, masalah kesehatan pada prostat, atau lain sebagainya.

BACA JUGA   Video Pelaku Memperagakan Adegan Habisi Nyawa Guru Cantik Elpi Manik

TestCard saat ini hanya tersedia di Inggris. Ada rencana untuk membawa teknologi ini ke Amerika Serikat dengan kisaran harga per kartu sebesar 5 dolar AS atau sekitar Rp 70 ribuan.

Teknologi ini memang belum bisa menggantikan fungsi dokter sebagai ahli kesehatan. Tapi dengan kehadiran TestCard, medical check up bisa dilakukan oleh lebih banyak orang karena mudah dan terjangkau.

sumber : kumparan.com

Related Post