Usir Janda Berjualan, PU Balimbingan : Itu Dilakukan Secara Baik-Baik

Warung lain yang diduga berada di wilayah HGU PTPN IV Kebun Balimbingan, namun tidak digusur.

Simalungun, Lintangnews.com | Oknum Petugas Umum (PU) PTPN IV Unit Kebun Balimbingan di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Dani Tanjung membenarkan ada mengusir seorang janda yang berjualan dipinggir lahan tanaman perkebunan, Senin (18/3/2019) lalu.

“Baik Pak. Itu dalam rangka penertiban saja Pak. Itu juga dilakukan secara baik-baik dan sudah dibicarakan kepada ibu pemilik warung,” tulisnya via WhatsApp (WA), Rabu (20/3/2019).

Diketahui janda miskin itu bernama Asni (51) warga Huta III Nagori Bahkisat, Kecamatan Tanah Jawa yang diusir, karena berjualan teh manis dan kopi di atas lahan tanaman perkebunan Balimbingan.

Sementara itu merupakan mata pencahariannya sehari-hari untuk menghidupi keluarganya. Akan tapi pihak Kebun Balimbingan tetap mengusirnya. Meski usaha jualan nya tersebut tidak mengganggu aktivitas perkebunan.

BACA JUGA   Kebakaran Rumah di Merek Raya, Rosmanina Sinaga Meninggal Dunia

Prihatin akan kehidupan yang dialami sang janda itu, sejumlah Organisasi Sosial (Orsos), seperti Karang Taruna Kabupaten Simalungun dan Komunitas Relawan North Sumatera (KRNS) memberikan tanggapannya.

Diketahui Orsos itu sering singgahi ke warungnya sembari membincangkan program sosial yang hasilnya telah dinikmati oleh salah seorang warga miskin di Nagori Bahkisat. Di mana Karang Taruna dan KRNS telah merenovasi rumah tak layak huni milik warga tersebut hingga menjadi layak huni.

“Tidak benar Pak. Saya juga tidak tahu warung itu tempat ngumpul-ngumpul anggota Karang Taruna,” ucap oknum PU Balimbingan membantah pihaknya menggusur warung itu karena iri hati.

BACA JUGA   Usai Libur Pemilu dan Paskah, Loket di Porsea Dipenuhi Penumpang

Dikonfirmasi apakah penggusuran terhadap warung itu dikarenakan adanya orderan dari salah satu Calon Legislatif (Caleg), justru Dani balik bertanya.

“Orderan apa maksudnya Pak. Waduh itu tidak benar Pak. Pada prinsipnya kami hanya melakukan penertiban,” kilah Dani via WA.

Pasalnya, sejumlah warung lainnya di pinggiran lahan Kebun Balimbingan tidak serta merta ditertibkan.

“Untuk Bapak ketahui sampai saat ini hubungan baik ke Karang Taruna. Lapangan bola kaki Kebun balimbingan tetap kita fasilitasi untuk pertandingan Bola kaki Piala Karang Taruna Pak,” imbuhnya seraya membenarkan bahwa manager PTPN IV Balimbingan masih dijabat Surya. (zai)