Wadan Denpom Siantar Ternyata Seorang Atlit Petinju Nasional

Wadan Denpom Siantar, Mayor CPM Binson Simbolon bersama Ketua Ipepin, Harjanto Saragih Budiman Sitinjak seorang petinju nasional, April Pardede seorang pelatih nasional dan Ketua Wasit Sumatera Utara, Binsar Purba.

Siantar, Lintangnews.com | Kota Siantar ternyata diketahui cukup banyak memiliki atlit-atlit berprestasi, tidak hanya tingkat daerah saja, namun juga banyak memiliki prestasi hingga ke tingkat nasional.

Salah satunya diketahui Wakil Komandan (Wadan) Denpom I/1 Pematangsiantar, Mayor CPM Binson Simbolon. Dia merupakan juara atlit tinju nasional dari kota Siantar yang pernah menjuarai kejuaraan nasional di Sulawesi Selatan pada tahun 2001 silam dan berhasil meraih medali emas.

Selain itu, Binson juga berhasil meraih medali perak dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2004 lalu. Bahkan masih banyak lagi prestasi diraihnya untuk tingkat kejuaraan daerah.

Binson ditemui di salah satu warung kopi di Jalan Cipto, Kecamatan Siantar Barat menyatakan, sebenarnya bukan hanya dirinya saja atlit tinju Kota Siantar yang berprestasi hingga tingkat nasional.

BACA JUGA   Truk Mitsubishi Masuk Jurang di Jalan Siantar-Parapat

“Ini juga teman saya Samsudin Damanik, merupakan mantan petinju profesional 9 OOBF Asia Pasifik. Sebenarnya, Siantar-Simalungun banyak memiliki atlit petinju yang berpotensi dan hanya sedikit poles saja,” ucap Binson, Jumat (21/12/2018).

Binson mengaku, saat ini olahraga tinju telah ‘mati’ di Siantar, apalagi diketahui minat masyarakat untuk menjadi petinju sangat minim.

“Saat ini, dengan 5 sasana tinju yang ada namun atlit hanya sekitar 12 orang. Kan, itu sungguh minim, cuma sasana saja yang banyak,” ujarnya.

Untuk memperbaikinya, Binson berencana akan menggelar kejuaraan tinju nasional di Siantar. Karena, menurutnya, untuk memperbaikinya harus rutin adanya kejuaraan-kejuaraan.

“Untuk kejuaraan nasional, saat ini saya sudah melobi ke Pemprovsu,” ujarnya, sembari menyatakan, sebelum itu dilakukan, dalam waktu dekat dirinya akan mengumpulkan pengurus tinju untuk melakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) usai perayaan Tahun Baru.

BACA JUGA   Bhabinkamtibmas Coffe Morning Bersama Warga Pasar V Kebun Kelapa

“Karena memang yang pertama dibagus kan dulu kepengurusannya, harus kuat di sekretariat dan bidang kehumasan,” ucapnya.

Ketua Ikatan Petinju Pelatih Nasional (Ipepin) Kota Siantar, Harjanto Saragih Sumbayak menyatakan, mereka bertekad mengembalikan kejayaan olahraga tinju di Siantar seperti di tahun 1980 an.

“Kita harapkan Pemko Siantar mendukung dalam menghidupkan kejayaan olahraga tinju kedepannya,” papar Harjanto.

Sementara itu diketahui, di tempat yang sama, hadir juga Budiman Sitinjak seorang petinju nasional, April Pardede seorang pelatih nasional dan Ketua Wasit Sumatera Utara, Binsar Purba. (bar)

Related Post