103 Pegawai Lapas Tebingtinggi Negatif Narkoba

Para pegawai Lapas Tebingtinggi mengikuti kegiatan tes urine.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Meskipun dikunjungi secara mendadak oleh Tim Satopspatnal Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara, seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Tebingtinggi dinyatakan negatif dari pemakaian narkoba, Selasa (28/1/2020) sore.

Hal ini tentu membuat kebanggaan bagi seluruh pegawai Lapas yang berkantor di Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, serta menjadi motivasi untuk meningkatkan karir dan contoh bagi para warga binaan.

Kanwil Kemenkumham Sumut diwakili Kasubid Perawatan Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran, Suherdi menuturkan, hasil ini jangan menjadi kesombongan, tetapi bisa mempertahankan di kemudian hari.

“Sehingga bisa dicontoh Lapas dan Rumah Tahaman (Rutan) di Provinsi Sumut,” ungkapnya singkat.

Kunjungan Tim Satopspatnal Kanwil Kemenkumham Sumut di Lapas Tebingtinggi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Tebingtinggi, Theo Adrianus Purba Amd mengatakan, giat tim Satopspatnal Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) ke Lapas Tebingtinggi dengan kegiatan pemeriksaan area dapur dan klinik.

Selanjutnya tes urine bagi 103 pegawai dan 25 warga binaan secara acak, yang hasilnya dinyatakan secara keseluruhan negatif dari mengkonsumsi narkoba.

Ini dilanjutkan dengan kegiatan pengeledahan kamar hunian para warga binaan. Kegiatan itu berjalan aman dan lancar.

“Perlu diketahui, pembinaan terus digiatkan terkhusus dari bidang agama dan pelatihan pelatihan yang bisa dicerna warga binaan,” sebut Theo. (Purba)