109 Pegawai Lapas Tebingtinggi Jalani Tes Urine, Ini Hasilnya

Para pegawai Lapas Tebingtinggi yang mengikuti tes urine.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Sebanyak 109 orang pegawai dan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B  Kota Tebingtinggi menjalani tes urine, Kamis (14/2/2019).

Pemeriksaan tes urine dilakukan dari pucuk pimpinan hingga staf Lapas di Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, Kecamatan Tebingtinggi Kota itu dimulai dari pukul 10.00 Wib.

Kepala Lapas (Kalapas), Theo A Purba didampingi  Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Ziliwu mengatakan, pemeriksaan tes urine sebagai bentuk keseriusan dalam Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan Gelap Narkoba (P4GN) di Lapas dan Rutan.

Menurut Theo, pemberantasan narkoba di Lapas akan dilakukan secara menyeluruh. Sebelum menyasar warga binaan, pegawai Lapas pun harus terbebas dari narkoba.

Secara bergantian pegawai Lapas Tebingtinggi mengikuti tes urine.

“Kami akan bersihkan blok hunian dari handphone (HP) dan narkoba. Jadi kami dulu clear dari narkoba sebelum lakukan pembersihan,” ucap Theo usai keluar dari kamar mandi.

Theo menuturan, seluruh pegawai Lapas yang berjumlah 109, di antaranya 19 orang wanita menjalani tes urine.

“Kami juga adakan sosialisasi tentang bahaya narkoba untuk petugas Lapas dan Rutan. Ini jadi salah satu langkah pencegahan,” katanya.

Kedepannya, Theo menuturkan, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tebingtinggi dan Lapas akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk membersihkan narkoba dari sedini mungkin.

Sementara itu, Kepala BNNK Kota Tebingtinggi, Kompol Bambang Rubianto mengatakan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kepada pegawai. Dan hasil pemeriksaan, diketahui semuanya bersih dari narkoba.

“Ini lah yang kita harapkan.Sebelum menindak kita harus bersih,” ucap Bambang Rubianto. (purba)