11 Putra Tobasa Lolos Siswa Seba, Salah Satunya Anak BHL

Sabam Manurung, salah satu Siswa Seba berfoto bersama keluarganya.

Tobasa, Lintangnews.com | Sebanyak 40 orang pendaftar Pembinaan Pelatihan (Binlat) calon Polri di Polres Toba Samosir (Tobasa) mengikuti kompetisi pendidikan Polri.

Akhirnya sejumlah 11 orang berhasil lulus menjadi Siswa Sekolah Brigadir (Seba) di Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu). Salah satunya merupakan anak seorang Buruh Harian Lepas (BHL) bersih-bersih di Polres Tobasa.

“Kita patut berbangga, ternyata putra Tobasa memiliki bakat, semangat dan disiplin yang cukup baik. Sehingga 11 orang dari 40 orang Binlat Polres Tobasa lolos menjadi Siswa Seba di Poldasu,” sebut Kapolres, AKBP Agus Waluyo.

Dilanjutkan Kapolres, diantara 11 orang yang lulus menjadi Siswa Seba, Sabam Manurung (18), merupakan anak salah seorang BHL di Polres Tobasa memiliki semangat gigih dan fisik yang cukup bagus, sehingga pantas menjadi Siswa Seba.

Terpisah, saat Media Center Tobasa menyambangi kediaman Sabam Manurung anak dari pasangan Horas Manurung dan Rolia Boru Simangunsong, kedua orang tuanya merasa terharu dan bangga sampai meneteskan air mata.

Rolia menuturkan, dirinya sempat khawatir karena kondisi ekonomi keluarga, anaknya tidak dapat lulus menjadi Siswa Seba. “Bagaimana tidak khawatir, desas- desus yang saya dengar, untuk masuk polisi harus memiliki uang ratusan juta,” sebutnya.

Lanjutnya, ternyata semua kabar yang didengarnya tidak benar. Terbukti, anaknya bisa lolos dan saat ini sudah melakukan pendidikan selama 2 bulan. Ini menyisakan 5 bulan lagi dari 7 bulan pendidikannya.

Sementara Sabam menurutkan, dirinya terinspirasi dari teman sekolah saat SMP yang telah menjadi polisi di Polres Tobasa. Ini terjadi saat dirinya bekerja sebagai kuli bangunan selama 3 bulan ketika ada proyek pembangunan rumah dinas Polres Tobasa di tahun 2018.

“Saat menjadi kuli bangunan dan tangan hampir putus terkena mesin gerinda karena khayalan menjadi seorang polisi seperti teman SMP saya. Untung lah hanya tergores saja,” sebutnya.

Dia mengaku, pernah coba melamar di Bank Sumut untuk menjadi petugas security, namun ditolak sebab tidak cukup umur. Karena mendapat informasi ada Binlat di Polres Toba, Sabam tidak menyia-yiakan kesempatan itu.

Singkat cerita, hasil Binlat Polres Tobasa sebanyak 40 orang pendaftar melalui 13 tahap penyeleksian, akhirnya 11 orang masuk Siswa Seba Angkatan 43 tahun 2018/2019 dan salah satunya adalah Sabam.

“Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Tobasa, agar saya sukses pendidikan di SPM Hinai Poldasu dan dikukuhkan nantinya,” pungkas Sabam. (Asri)