117 Kepala Daerah akan Dilantik, Siantar dan Simalungun Kapan?

Pelantikan kepala daerah (Ist)

Siantar, Lintangnews.com | Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun tidak masuk dalam pelantikan kepala daerah yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam surat Kemendagri hal pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota melalui media teleconference, ada 117 daerah yang akan dilantik.

Surat yang ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik menyampaikan, ketentuan bagi Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatannya pada bulan Februari 2021 yang tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), bulan Februari 2021 yang terdapat sengketa di MK, namun terdapat sengketa tersebut telah diputuskan/ ditetapkan oleh MK pada 15-16 Februari untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya (ditolak) serta bulan Mei tahun 2019 (Makassar).

Untuk seluruh daerah tersebut, pelantikan dilakukan oleh Gubernur pada Minggu ke IV bulan Februari 2021 secra virtual dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dirjen Otda dalam surat tertanggal 15 Februari ini juga meminta kepada Gubernur, Ketua DPRD Kabupaten/Kota, KPU Kabupaten/Kota untuk mempercepat proses pengesahan pengangkatan kepala daerah agar dapat dilantik secara bersama-sama pada bulan Februari 2021.

Terkait hal itu, Ketua DPRD Siantar Timbul Lingga menanggapi 117 kepala daerah yang akan dilantik, tidak termasuk Siantar mengaku, akan berkoordinasi dengan Gubernur dan Kemendagri terkait soal penjadwalan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

“Dalam waktu dekat kita pimpinan DPRD akan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah atasan,” tutup Ketua DPC PDI-Perjuangan Siantar ini. (Elisbet)