12 Poktan di Samosir Terima 40 Ton Pupuk Organik Gratis dari Disbun Sumut

Bupati Samosir, Vandiko Gultom bersama Kadis Pertanian, Viktor Sitinjak dan perwakilan 12 kelompok tani.

Samosir, Lintangnews.com | Bupati Samosir, Vandiko Gultom memimpin apel Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dirangkai dengan penyerahan bantuan pupuk organik gratis kepada 12 kelompok tani (poktan) di halaman kantor Bupati, Senin (19/7/2021).

Penyerahan bantuan pupuk organik dengan total 40 ton itu merupakan salah satu wujud dukungan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sumatera Utara untuk 100 hari kerja Bupati Samosir.

Penerima bantuan pupuk organik itu yakni, Poktan Dostahi Salaon Dolok, Marsada Salaon Toba, Saroha Salaon Toba, Dostahi Salaon Toba, Mardongan Salaon Toba, Melati Parbaba Dolok, Saoloan Parbaba Dolok, Sandang Pangan Sosor Dolok, Saurdot Sosor Dolok, Satahi Sosor Dolok, Sederhana Turpuk Malau dan Matio Turpuk Malau.

Bupati menyampaikan, dalam setiap memperingati HKN diharapkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

“Di masa pandemi, ASN harus bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir dengan tetap mematuhi peraturan 5M,” ujar Vandiko.

Bupati juga menekankan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera merealisasikan segala bantuan yang telah terprogram. Menurutnya, di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakata (PPKM), masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah, untuk itu Bantuan Langsung Tunai (BLT) agar segera disalurkan.

“Saya berpesan kepada seluruh pimpinan OPD dan Kepala Desa (Kades) agar tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes), serta melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum guna mencegah penyebaran Covid-19. (Tua)