15 Orang Anggota Dewan Absen di Paripurna HUT Humbahas ke 18

Foto bersama usai pelaksanaan rapat paripurna dalam rangka HUT Kabupaten Humbahas ke 18.

Humbahas, Lintangnews.com | DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar rapat paripurna untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) daerah itu ke 18, Rabu (28/7/2021).

Namun di hari istimewa itu sebanyak 15 orang absen, termasuk 2 orang Wakil Ketua DPRD.

Dari pantauan wartawan, sidang paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Jalan Komplek Tano Tubu Desa Pasaribu tampak sepi.  Dari 25 total anggota DPRD, yang hadir hanya 10 anggota.

Daftar yang hadir yakni, Fraksi PDI-Perjuangan dari 7 anggota yang hadir full. Fraksi Golkar dari 5 anggota yang hadir 1 anggota.

Fraksi Gerindra Demokrat dari 3 anggota yang hadir 1 anggota. Sedangkan Fraksi Persatuan Solidaritas dari 3 anggota yang hadir 1 anggota.

Sementara yang tidak hadir yakni, Fraksi Nasdem 3 anggota yakni, Marsono Simamora, Mutiha Hasugian dan Normauli Simarmata.

Fraksi Hanura 4 anggota yakni, Labuan Sihombing, Martini Purba, Sanggul Rosdiana Manalu dan Muslim Simamora. Fraksi Persatuan Solidaritas 3 anggota yakni, Charles Ary Heryanto Purba dan Guntur Simamora.

Fraksi Gerindra Demokrat yakni, Bresman Sianturi dan Jimmy Togu Purba. Terakhir Fraksi Golkar, Marolop Manik, Laston Sinaga, Bantu Tambunan dan Marolop Situmorang.

Sementara dari jajaran eksekutif, hadir Bupati, Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati, Oloan Paniaran Nababan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Kajari diwakili Kasi Intel dan tokoh masyarakat.

Menanggapi absennya 15 anggota dewan itu, Ketua DPRD Ramses Lumbangaol justru enggan menanggapinya.  “No coment,” jawabnya singkat.

Hal senada disampaikan Kepler Torang Sianturi. “No coment,” sebut Ketua Fraksi PDI-Perjuangan itu via WhatsApp (WA).

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD, Makden Sihombing melalui Kabag Persidangan, Rikson Simamora mengatakan, undangan rapat paripurna sudah disampaikan ke masing-masing anggota dewan melalui grup WA.

Ia mengaku, tak tau menahu terkait ketidakhadiran sejumlah anggota DPRD. “Undangan sudah disebarkan melalui grup di WA,” ujarnya.

Bupati Dosmar Banjarnahor menilai, ketidakkehadiran 15 anggota DPRD dalam hari istimewa itu adalah hak masing-masing.

“Itu hak mereka lah. Yang pasti kembali ke tanggungjawab moral masing-masing,” kata Dosmar singkat. (DS)