150 Unit Kendaraan Diputar Balik saat Hendak Mudik ke Simalungun

Kapolres Simalungun, AKBP Agus Wulyo saat berada di Pos Pengamanan Lebaran Dolok Merangir.

Simalungun, Lintangnews.com | Polres Simalungun memutar balik 150 unit kendaraan yang hendak mudik ke Kabupaten Simalungun. Kendaraan itu diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing.

Kasat Lantas, Iptu Jodi Indrawan menjelaskan, ada 150 unit kendaraan diminta untuk putar balik yang akan melaksanakan kegiatan mudik pada Lebaran tahun ini agar kembali ke wilayah masing-masing.

“Hingga saat ini sudah ada 150 unit kendaraan pemudik yang kita putar balik ke wilayahnya masing-masing dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah jumlahnya tergantung dari kedisiplinan masyarakat,” ujar Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo di Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Cek Point Simpang Dolok Melangir, Kamis (28/5/2020).

AKBP Agus juga mengatakan, pemudik yang hendak masuk ke Simalungun saat pandemi Virus Corona atau Covid-19 harus dilengkapi dengan surat sehat. Dan akan dicek kondisi kesehatannya.

Pihak Polres Simalungun juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan barang. Petugas memeriksa jenis muatan, serta hendak dan dari mana dibawa.

“Bagi masyarakat dari wilayah lain yang ingin memasuki wilayah Simalungun harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya surat menyatakan rapid test negatif, serta surat perjalanan bepergian yang jelas. Bila sudah tiba di pos check point perbatasan, masyarakat akan diperiksa dengan dicek suhu tubuh, serta kendaraan yang digunakan disemprot cairan disinfektan,” ujar Kapolres.

Lanjutnya, para personil yang bertugas di pos check point dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), masker, face shield dan semprotan disinfektan untuk menunjang pelaksanaan pemeriksaan terhadap masyarakat.

“Ini dibantu personel TNI, pemerintah setempat dan tenaga kesehatan untuk memastikan wilayah Sumut aman dari persebaran Virus Corona,” jelas AKBP Agus. (Rel/Zai)