‘Nyanyian’ Penadah, 2 Orang Pelaku Curanmor Diciduk Polsek Siantar Martoba dari Jalan Jawa

30
Kedua pelaku pencurian yang diamankan pihak Polsek Siantar Martoba.

Siantar,Lintangnews.com | Akbar Tanjung(18) dan Jamal Afandy alias Ketok (21), pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) dari salah satu kos-kosan di Jalan Kavileri, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Siantar Martoba, Minggu (6/10/19) sekira pukul 22.30 WIB.

Selain itu, petugas juga mengamankan Sandy Rizky Dezza Nasution alias Aan (18) dan Retta Pasaribu (37) penadah sepeda motor (pembeli) hasil curian.

Informasi dihimpun, awalnya korban Kevin Ardiansyah Sinaga (20) warga Jalan Narumonda Bawah, Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur.

mengendarai sepeda motor Suzuki Satria FU warna biru nomor polisi (nopol) BK 4007 WAI, pada Sabtu (5/10/2019) malam, menyambangi kos-kosanan rekannya di Jalan Kavileri, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantat Sitalasari.

Saat itu Kevin langsung masuk ke kamar kos rekannya dan menginap. Lalu Minggu (6/10/19) sekira pukul 06.00 WIB, saat korban hendak pulang ke kediamannya, tak menemukan sepeda motornya di lokasi parkiran kos-kosan tersebut.

Mengetahui itu, korban sempat mencari di sekeliling kos-kosan, namun tidak menemukan sepeda motor miliknya. Akhirnya korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Siantar Martoba dan berhasil menangkap 2 orang penadah hasil barang curian beserta 2 pelaku curanmor.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Siantar Martoba, Iptu Resbon Gultom, Senin (7/10/2019). “Iya pelaku dan penadahnya sudah kita tangkap berdasarkan laporan korban sesuai dengan No Pol LP/34/X/2019/SU/STR/Sek Str Martoba, tanggal 06 Oktober 2019, pada Minggu (06/10/19) sekira pukul 22.00 WIB,” kata Iptu Resbon.

Kedua penadah yang diamankan petugas.

Terungkapnya kasus pencurian itu saat petugas Unit Reskrim Polsek Siantar Martoba melakukan penyelidikan dan mendapat informasi jika Retta Pasaribu warga Jalan Bonbongan Raya, Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar Martoba, seorang penadah (penampung) barang hasil curian ada menjual sepeda motor hasil curian. Mengetahui hal itu, petugas langsung bergerak ke lokasi dan berhasil mengamankan Retta bersama sepeda motor korban.

“Saat kita interogasi, Retta mengaku mendapat sepeda motor itu dari Sandy Nasution,” jelas Iptu Resbon.

Dari keterangan itu, petugas berhasil mengamankan Sandy tidak jauh dari kediaman Retta di Jalan Bonbongan Raya, Kecamatan Siantar Martoba.

Tak puas hanya menangkap kedua penadah, petugas kembali menginterogasi Sandy dan mengakui hanya membantu kedua pelaku yakni, Jamal dan Akbar Tanjung menjualkan sepeda motor hasil curian. Kemudian petugas meminta Sandy memberitahukan keberadaan kedua pelaku dan berhasil menangkapnya.

“Kedua pelaku curanmor kita tangkap dari Jalan Jawa, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat,” ujar Iptu Resbon, seraya menuturkan, keempatnya sudah dijebloskan ke dalam penjara.

Sementara untuk kedua pelaku Jamal dan Akbar diancam pasal 363 ayat (1) ke-4e KUHPidana tindak pidana pencurian. Sedangkan tersangka Retta dan Sandy diancam pasal 480 KUHPidana mengenai tindak pidana pertolongan kejahatan. (Irfan)