Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Samosir masih Tinggi

Kadis Kominfo Pemkab Samosir, Rohani Bakara.

Samosir, Lintangnews.com | Angka yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga hari ini di Kabupaten Samosir masih tetap tinggi.

Bahkan dalam 1 hari sebanyak 30 orang warga Samosir terpapar Virus Corona, dan secara kumulatif telah mencapai angka 620 kasus, dengan konfirmasi positif aktif sebanyak 210 orang.

Untuk mengantisipasi kenaikan lanjutan, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Samosir akan menetapkan langkah-langkah strategis di lapangan.

Pertama, menyiapkan Bed Occupancy Rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur isolasi pada RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan. Kemudian, menerapkan skenario pengendalian sesuai dengan peta persebaran Covid-19 berbasis zonasi melalui penguatan instruksi Bupati Samosir Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Surat Edaran Bupati Samosir Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Adat Istiadat/Pesta di Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Samosir, Rohani Bakkara menuturkan, sejauh ini para Kepala Desa (Kades) telah menempelkan salinan kedua produk hukum itu pada tempat-tempat kerumunan di Desa untuk dibaca dan dipedomani masyarakat.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Samosir tetap melaksanakan vaksinasi untuk pembentukan kekebalan komunal dengan target 70.000 orang penerima manfaat pada tahun ini.

Hingga hari ini, sebanyak 23.261 orang telah menerima vaksin. Ini berarti telah mencapai 33.23 persen dari jumlah target yang ditetapkan.

“Kita berharap, vaksinasi lanjutan tetap berjalan dengan ketersediaan vaksin yang dipasok oleh pemerintah pusat. Dan kenaikan itu kiranya memotivasi kita untuk lebih berhati-hati dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam melakukan aktivitas sehari-hari,” sebut Rohani, Eabu (14/7/2021).

Disampaikan, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir didukung TNI/Polri akan melaksanakan sosialisasi gerak pada tempat-tempat kerumunan padat interaksi agar tetap mematuhi prokes, dengan tetap memegang prinsip tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Berikut rincian data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Samosir, dengan rincian 34 kasus baru dan 11 sembuh, kumulatif konfirmasi positif menjadi 620 kasus. Suspect 5 orang, probable 2 orang dan konfirmasi positif aktif 210 orang.

Sementara untuk perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Samosir total yang telah divaksin sebanyak 23.261 orang. Jumlah yang sudah tuntas divaksin dosis pertama dan kedua sebanyak 7.742 orang. Dan jumlah yang belum divaksin dosis kedua sebanyak 15.519 orang.

Persediaan vaksin di Samosir sebanyak 222 vial Vaksin Sinovac dan 500 vial Aztrazeneca. “Total pelaksanaan vaksinasi sebanyak 208 orang. Dosis pertama sebanyak 26 orang dan dosis kedua 182 orang,” papar Rohani. (Tua)