FPK Tebingtinggi Kobarkan Anti Hoax

Para pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Saat ini berbagai upaya melawan hoax atau berita bohong dan isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) terus dilakukan berbagai kalangan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Ini juga membuat Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Tebingtinggi yang diketuai Ok Khairul Anwar juga menegaskan siap melawan hoax, karena bisa memecah belah anak bangsa.

Pernyataan tegas anti hoax dan isu SARA ini disampaikan para tokoh melalui FPK di halaman Kesbang Linmaspol Pemko Tebingtinggi di Jalan Gunung Leuser BP 7 Rambutan, Rabu (19/12/2018).

Menurut Ok, didampingi seluruh pengurus, sesuai dengan program, maka semua pihak harus melawan adanya hoax yang dapat memecah belah dan mengganggu stabilitas keamanan daerah yang belakangan ini terganggu.

“Kita tegas akan menangkal informasi hoax dan isu SARA yang bisa mengacaukan keamanan daerah. Tetap jaga kerukunan antar umat beragama, antar suku golongan dan kelompok supaya semua lini bisa berjalan dengan baik,” pintanya.

Dampak hoax cukup besar, termasuk mencemarkan nama baik seseorang, kelompok, atau agama. Juga menimbulkan fitnah yang ujung-ujungnya menimbulkan pertikaian antar sesama anak bangsa.

“Selama ini, semua bisa hidup berdampingan dan saling toleransi, sehingga terwujudlah yang benar-benar kondusif. Maka dari itu melawan hoax adalah salah satu kunci mencegah kacaunya stabilitas keamanan daerah,” tegas Ok.

Sementara itu, Kaban Kesbang Linmaspol, Amas Muda melalui Kepala Bidang (Kabid) Yusdi menambahkan, bahwa kemajuan teknologi kerap dimanfaatkan kelompok tertentu untuk memecah belah persatuan.

“Kegaduhan sengaja diciptakan dengan menyebar ujaran kebencian, fitnah dan berita bohong di media sosial (medsos). Maka dari itu masyarakat harus semakin cerdas melihat dan menelaan setiap informasi yang diterima supaya tidak terpancing dan FPK Kota Tebingtinggi juga kobarkan anti hoax,” ucapnya. (purba)