Jabatan Pemdes Onanrunggu Samosir ‘Dikuasai’ Suami Istri

Kantor Kepala Desa Onanrunggu.

Samosir, Lintangnews.com | Aneh, jabatan di Pemerintahan Desa (Pemdes) Onanrunggu, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir justru ‘dikuasai’ pasangan suami istri (pasutri).

Juni Ferawaty Harianja merupakan Kepala Desa (Kades) Onarunggu, sementara Sekretaris Desa (Sekdes) yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan suaminya, Liber Samosir.

Sebelumnya ada kebijakan perpindahan atau rotasi Sekdes berstatus ASN ke kantor Kecamatan maupun instansi terkait di bawah naungan Pemkab Samosir guna penyegaran bagi pegawai.

Tahun 2018 Pemkab Samosir sudah pernah melakukan perpindahan Sekdes ASN secara massal . Namun di Desa Onanrunggu ternyata tidak ada dilakukan pergeseran Sekdes.

Asisten I Pemerintahan, Mangihut Sinaga saat dikonfirmasi, Senin (5/7/2021)  adanya suami istri satu kantor di Desa Onanrunggu, tidak ada memberikan jawaban.

Begitu juga Juni Ferawaty ketika dikonfrimasi melalui telepon seluler dan pesan WhatsApp (WA) tidak ada jawaban.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Samosir, Jabiat Sagala ketika dihubungi membenarkan adanya beberapa Sekdes yang masih bertugas di Desa, berhubung masih adanya kebutuhan yang sangat dibutuhkan.

“Contohnya kalau pekerjaan Sekdes itu kondusif dengan Kadesnya, maka sekdes tidak dirotasi. Namun jika pekerjaan itu tidak kondusif dengan Pemdes, maka akan dirotasi,” tukasnya.

Lanjut Jabiat, apabila ada suatu pekerjaan yang kurang tepat dan optimal di tengah-tengah masyarakat, hal itu bisa disampaikan pada pihaknya agar ini bisa menjadi bahan pertimbangan maupun evaluasi kedepannya. (Tua)