Kader NU Pantai Labu harus Jadi Corong Pemerintah

Sosialisasi pencegahan Covid-19 yang diadakan PC NU Kabupaten Deli Serdang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Camat Pantai Labu, A Fitriyan Syukri berharap pada kader Nahdlatul Ulama (NU) Pantai Labu dapat menjadi corong pemerintah dalam memberi edukasi, sosialisasi maupun himbauan pada masyarakat terkait wabah Virus Corona atau Covid-19.

Hal ini disampaikannya pada pelaksanaan sosialisasi pencegahan Covid-19 yang diadakan PC NU Kabupaten Deli Serdang, bertempat di aula Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu, Jumat (17/4/2020).

“Jadikan lah NU sebagai agen perubahan di tengah-tengah masyarakat di tempat tinggalnya. Sampaikan lah pentingnya mengikuti anjuran pemerintah tentang pencegahan Virus Corona,” sebutnya.

Fitriyan menuturkan, adanya bantuan pemerintah pasti lah belum memuaskan dan terjangkau ke semua lapisan masyarakat. “Karena itu jadi lah virus kebaikan untuk memberitahukan sesungguhnya bantuan tersebut untuk masyarakat yang memang terkena dampak langsung dari Virus Corona,” ujar Camat.

Dia juga memaparkan, Kecamatan Pantai Labu terus melakukan upaya pencegahan Virus Corona sesuai anjuran pemerintahan pusat, Provinsi dan Kabupaten. Ini dilakukan agar jangan sampai Virus Corona masuk ke Pantai Labu.

Sementara itu nara sumber PC NU Deli Serdang, Khairul Anwar mengajak pengurus Pantai Labu dapat mengimplementasikan, sekaligus menyiarkan surat edaran dari Kementrian Agama (Kemenag) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah Covid-19, serta surat edaran PBNU Pusat.

“Intinya warga NU Pantai Labu dapat menghimbau agar pelaksanaan seperti Sholat Tarawih bersama, buka puasa bersama, Safari Ramadhan, Nuzul Quran, serta Sholat Idul Fitri dilaksanakan di rumah saja, dikarenakan hal ini ditiadakan berdasarkan surat edaran dari Kemenag dan PBNU Pusat,” tutupnya.

Nara sumber lainnya, Muhtarom mengajak kader NU dapat menjadi penyejuk di tengah-tengah umat untuk menyampaikan anjuran pemerintah dari sisi agama Islam.

Hadir pada sosialisasi itu, Kepala Puskesmas (Kapis) Pantai Labu, Dewi Rosita, pengurus PC NU Deli Serdang, Ketua MWC NU Pantai Labu, Abdulah Sani Damanik, Ketua Muslimat NU, Muayana dan para kader NU. (Idris)