Kawanan Sapi di HGU PTPN IV Gunung Bayu Bahayakan Pengendara

Tampak pengendara sepeda motor datang dari arah Simpang Pasar Baru menuju pusat Kecamatan Bosar Maligas beerhenti menunggu kawanan sapi berlalu menyeberang jalan.

Simalungun, Lintangnews.com |  Kawanan sapi dari dalam lahan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN IV Gunung Bayu di Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun membahayakan pengendara. Pasalnya hewan ternak itu berkeliaran di sepanjang jalan.

Selain dinilai merusak pemandangan, tapi juga dapat membahayakan para pengguna jalan.

“Kawanan sapi yang kerap menyeberang atau memotong jalan secara serampangan (semaunya) ini tidak hanya dapat mengganggu ketertiban umum, tetapi juga mengancam keselamatan pengendara. Tak jarang para penunggang sepedamotor yang terpental,” ucap Aji salah seorang pasca melintas jalan, Rabu (12/9/2018).

Tak hanya itu, sambung Aji, kawanan sapi yang menguasai jalan, terhitung Simpang Pasar Baru menuju pusat Kecamatan Bosar Maligas cukup mengganggu ketertiban umum sehingga memacetkan arus lalu lintas. “Saya juga pernah menjadi korban kawanan sapi ini,” ungkapnya.

Pantauan lintangnews.com, gerombolan sapi diduga tak bertuan dari lahan HGU PTPN IV Gunung Bayu di Kecamatan Bosar Maligas ini secara serampangan memotong jalan ke lahan HGU.

Sepertinya tidak ada upaya pengamanan dari pemilik sapi maupun pihak perkebunan terpantau di lapangan. (zai)