‘Lamaran’ Calon Sekda Tebingtinggi Belum Dibuka

Kepala BKPP Pemko Tebingtinggi, Fahri Hasibuan.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pasca pensiunnya Sekretaris Daerah (Sekda) Pemko Tebingtinggi, Johan Samose Harahap per tanggal 1 Oktober 2018 lalu dan dilantiknya Marapusuk Siregar sebagai Pj Sekda oleh Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, hingga hari ini belum dibuka ‘lamaran’ untuk mengisi jabatan itu.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemko Tebingtinggi, Fahri Hasibuan, Jumat (14/12/2018) membenarkan hal itu. “Kita masih menunggu petunjuk Wali Kota,” sebut mantan Kepala Dinas DKP itu.

Adanya isu masa tugas Pj Sekda yang dikabarkan juga akan memasuki masa pensiun, Fahri belum mengetahuinya secara jelas. “Nanti saya tanya staf yang membidangi hal itu,” sebutnya.

Sekedar diketahui,Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan melantik Marapusuk Siregar yang juga Kepala Inspektorat Kota guna mengisi jabatan Sekda yang kosong setelah Johan Samose memasuki purna bhakti sejak 1 Oktober 2018, Senin (22/10/2018), di gedung Hj Sawiyah.

Wali Kota menyampaikan, pelantikan Pj Sekda harus dilakukan. Karena di dalam pemerintahan tidak boleh ada jabatan yang tak diisi, untuk menjalankan roda pemerintahan secara baik, termasuk jabatan Sekda yang kosong.

“Sekda merupakan orang ketiga setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ini jabatan yang strategis dan berfungsi keluar dan ke dalam. Utuk itu, Pj Sekda harus mampu menjaga harmonisasi hubungan antar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal sebagai mediator untuk berhubungan baik kepada masyarakat. Ini memerlukan waktu, pikiran dan daya upaya,” jelas Wali Kota. (purba)