Mahasiswa ULB Sosialisasi Pembuatan Keripik Pare di Tebing Linggahara Baru 

Foto bersama usai kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi Universitas Labuhanbatu.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Mahasiswa-mahasiswi Universitas Labuhanbatu (ULB) Kuliah Kerja Nyata (KKN), sekaligus sosialisasikan program pembuatan keripik pare pada masyarakat bertempat di Balai Pertemuan Desa Tebing Linggahara Baru, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (28/9/2021).

Ketua Kelompok KKN, Bahri Ritonga mengucapkan terima kasih pada Pemerintahan Desa (Pemdes) Tebing Linggahara Baru menyediakan fasilitas tempat dan memghadirkan masyarakat yang menggeluti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dalam stuasi dan kondisi saat ini untuk menambah penghasilan keluarga, diharapkan perhatian dan bantuan dari pihak manapun. Tahun 2021, mahasiswa ULB siap mendukung program pemerintah dengan mensosialisasikan dari sektor produksi makanan ringan berupa keripik yang bahannya terbuat dari pare,” paparnya.

Dalam sosialisasi itu dihadirkan narasumber penggiat UMKM Labuhanbatu, Asrul Aziz.

“Kehadiran kami juga mensosialisasikan pembuatan keripik pare. Tujuannya menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Tebing Linggahara Baru. Sehingga kelak nanti keripik pare ini akan menjadi ikon Labuhanbatu dan dipasarkan sampai keluar daerah. Bahannya mudah didapat bahkan masyarakat juga dapat membudidayakannya dengan bercocok tanam,” sebut Bahri.

Pihaknya berharap, Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Labuhanbatu dapat membantu serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam pembuatan keripik pare, sehingga benar-benar masyarakat tidak gagal dalam pengolahannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Tebing Linggahara Baru, Sofian diwakilkan Sekretaris Desa (Sekdes), Muhammad Suib Hasibuan mengucapkan terima kasih pada mahasiswa ULB pad melaksanakan sosialisasi pembuatan keripik pare dan KKN.

“Semoga apa yang diniatkan mahasiswa untuk masyarakat dalam menggeluti usaha rumah tangga pembuatan keripik pare dapat berlanjut,” sebutnya.

Dalam sosialisasi menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 itu dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL) KKN, Fauziah Hanum, Bhakti Helvi Rambe dan para penggiat UMKM. (Sofyan)