Praktisi Hukum Solaiman Siringoringo : Pahami Isi UU Cipta Kerja

Praktisi Hukum, Solaiman Siringoringo.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | “Melihat dinamika saat ini tentang berbagai reaksi atas disahkannya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, saya berpendapat, sebagai warga negara yang baik, agar terlebih dahulu memahami dengan benar tentang isinya,” sebut Praktisi Hukum, Solaiman Siringgoringo.

Ini disampaikan Solaiman, Sabtu (10/10/2020) di kantornya, Jalan Bilangan Baja, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi.

Menurut alumni Universitas Sumatera Utara (USU) ini juga berharap, terutama dalam hal mengambil sikap keberatan atau tidak dapat menerima sebagian atau seluruh isi dari UU iti.

“Sebaiknya harus kita pastikan dahulu isi UU itu telah kita peroleh dari sumber yang sah, seperti UU sudah dituangkan dalam bentuk buku yang dicetak dan diterbitkan dan telah diedarkan pada masyarakat umum secara resmi,” paparnya.

Hal ini agar dapat terhindar dari informasi yang palsu. Selanjutnya sebagai warga negara yang berkeberatan atas berlakunya suatu UU mendapatkan jaminan untuk menggugat melalui jalur hukum dengan mengajukan gugatan pada Mahkamah Konstitusi MK).

“Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar, kita juga mendapat jaminan untuk dapat menyatakan pendapat secara terbuka di depan umum, seperti melakukan demonstrasi damai dengan tidak merugikan pihak manapun,” sebut Solaiman.

Dirinya juga menyarakan sebaiknya jangan langsung percaya dan menerima setiap informasi yang beredar melalui media sosial (medsos) di dunia maya. Termasuk dicek dulu kebenarannya dengan mencari perbandingan pada sumber yang resmi dan sah. Berbijak lah dalam mengolah informasi agar terwujud bijak. (Purba)