Video Pasien akan Melahirkan Diangkut Mobil Pickup, Ini Alasan Puskesmas Habinsaran  

Puskesmas Kecamatan Habinsaran.

Toba, Lintangnews.com | Sangat disayangkan, Puskesmas Habinsaran, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba yang memiliki fasilitas rawat inap harus mengantar pasien, seorang ibu yang akan melahirkan, harus menggunakan mobil pick up, dengan alasan mobil ambulance sedang rusak, Sabtu (16/5/2020).

Diketahui ibu itu dirujuk ke Rumah Sakit (RS) HKBP Balige, Kabupaten Toba yang memakan waktu dalam perjalanan selama 2 jam.

Salah seorang perawat Puskesmas Habinsaran Boru Sitorus menuturkan, mereka tidak mampu lagi melakukan persalinan terhadap pasien bernama Susi Susanti Simanjuntak (29) warga Desa Sibunton, Kecamatan Habinsaran. Ini membuat pihaknya melakukan rujukan ke RS HKBP Balige, untuk melakukan persalinan yang lebih efektif.

“Terkait pasien yang akan bersalin dirujuk ke RS HKBP Balige dengan menggunakan mobil pick up, dikarenakan mobil ambulance dalam keadaan rusak. Sehubungan dengan biaya perawatan mobil ambulance, kita sama sekali tidak mengetahuinya,” terang Boru Sitorus.

Sementara Anggota DPRD Toba, Torang Sitorus menuturkan, hal ini akan dibawakan dalam rapat. Dia menilai, tidak seharusnya pelayanan yang diberikan Puskesmas seperti itu.

“Kepala Puskesmas (Kapus) Habinsaran sudah keterlaluan dan mengabaikan keselamatan pasien. Terlebih pasien yang melakukan persalinan tanpa fasilitas keamanan dengan dirujuk menggunakan mobil pickup, semoga saja tidak terjadi sesuatu terhadap ibu yang melakukan persalinan,” kata Torang. (Asri)

Ini Videonya :