286 Pegawai DLH Labuhanbatu Didaftarkan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Foto bersama dengan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Labuhanbatu, Kamal Ilham membuka acara sosialisasi, sekaligus pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai kontrak dan petugas di dinas dimaksud, Rabu (27/11/2019).

Ini sesuai arahan dan perintah dari Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe agar seluruh petugas pengelolaan sampah dan kebersihan di lapangan didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Kamal dalam sambutannya mengatakan, perlindungan program jaminan sosial bagi tenaga kerja dan keluarganya pada pegawai DLH Labuhanbatu merupakan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi pekerja pada saat terjadi kecelakaan dalam melaksanakan tugas.

“Program ini wajib kita daftarkan sesuai dengan perintah Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS Tenagakerjaan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2016. Kita minta kepada seluruh petugas menjaga kartu BPJS nya, ” terang Kamal.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan LB3, Supardi Sitohang menjelaskan, pegawai kontrak DLH yang didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan berjumlah 286 orang.

Ini terdiri dari 142 orang petugas Kebersihan Kota Rantauprapat, 23 orang petugas kebersihan Pasar Glugur, 27 orang petugas kebersihan Pasar Pekan dalam Labuhanbatu, 16 orang supir dan 48 kondektur dump truk.

Lalu, 12 orang petugas retritibusi sampah, 5 orang petugas Pusat Daur Ulang (PDU) 6 orang mandor, 3 orang operator escavator, 2 orang petugas jaga gudang kendaraan, 1 orang penjaga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan 1 orang operator whell loader.

Menurutnya, program BPJS yang dikerjasamakan adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK) dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Rumah Sakit Umum atau Puskesmas yang sesuai penunjukkan kantor BPJS Ketenagakerjaan Labuhanbatu.

“286 pegawai DLH Pemkab Labuhanbatu resmi sudah kita daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan di akhir tahun 2019 ini dan lengkap syarat-syarat yang dibutuhkan,” pungkas Supardi. (Sofyan)