44 KK di Parbubu Pea Terima BLT Dampak Covid-19 dari Dana Desa

Penyerahan BLT dari dana desa pada warga Desa Parbubu Pea.

Taput, Lintangnews.com | Untuk mengurangi beban masyarakat terhadap dampak Covid-19, warga Desa Parbubu Pea, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kembali menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), Rabu (27/5/2020).

Kepala Desa (Kades)  Parbubu Pea, Rustam Lumban Tobing mengatakan, bantuan sebesar Rp 600.000 per KK ini berasal dari anggaran dana desa tahun 2020. Menurutnya, jumlah penerima sesuai dengan pendataan yang dilakukan sebanyak 44 Kepala Keluarga (KK).

“Kenapa hanya sebanyak itu jumlah penerimanya, mungkin itu lah pertanyaan yang akan kami terima. Perlu saya jelaskan, karena sebagian warga sudah ada mendapat bantuan yang sumbernya dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Bantuan Sosial Tunai (BST),” paparnya.

Dirinya berharap, agar semua masyarakat bisa memanfaatkan dana itu dengan sebaik mungkin dan membelikan kebutuhan pokok seperlunya di masa pandemi Virus Corona.

“Bila perlu kita harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar lingkungan dan keluarga bisa terhindar dari penyebaran Covid-19 dan virus lainnya,” sebut Rustam.

Sementara itu, Camat Tarutung, Reinhart Lumban Tobing menuturkan, jika masih ada warga yang belum terdata mendapatkan bantuan sesuai dengan klasifikasi yang disampaikan pemerintah pusat, maka silahkan berkoordinasi pada Kades atau dirinya sebagai Camat.

“Mudah-mudahan Pemkab Taput masih bisa mengucurkan anggaran dampak Covid-19 yang sumber dananya dari APBD Taput,” jelasnya.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, tampak hadir Asisten I Pemkab Taput, Parsaoran Hutagalung, unsur TNI, Kepolisian dan tokoh masyarakat setempat. (Pembela)