Akper YTP Arjuna Angkatan XVI Gelar Capping Day

Pelaksanaan capping day oleh Akper YTP Arjuna.

Tobasa, Lintangnews.com | Capping Day merupakan Hari Pemasangan Cap atau Topi Perawat kepada seluruh mahasiswi tingkat I yang menyelesaikan studi semester I dan akan menempuh studi di semester II sebagai simbol bahwa para mahasiswa/i Akademi Keperawatan YTP Arjuna, telah siap praktek lapangan ke Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas, Sabtu (23/2/2019).

Mahasiswa/i Keperawatan angkatan XVI tahun 2019, setelah mendapatkan pendidikan satu semester ilmu keperawatan untuk diterapkan saat praktek lapangan melakukan capping day penyematan pita kepada calon perawat.

Perwakilan YTP Arjuna, Arbaik Manurung mengatakan, dengan Capping Day ini, seluruh mahasiswa yang telah mempelajari dunia keperawatan selama satu semester, dapat menerapkan dalam praktek lapangan.

“Jadilah seorang perawat yang melayani setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongan, seperti Florence Nightingale pelopor perawatan, yang benar-benar mengedepankan kepentingan manusia dalam melayani perawatan,” terang Arbaik.

Sementara, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes), Mery Ernawati Naibaho mengatakan, agar calon perawat yang sudah menjalani pendidikan selama I semester di YTP Arjuna, jika nanti praktek lapangan harus menunjukkan etika.

“Sebagai seorang perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien kita harus berpegang teguh pada nilai-nilai dan kode etik, sehingga kejadian pelanggaran etik dapat dihindarkan,” kata Mery.

Lanjutnya, perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik dan agama yang dianut serta kedudukan sosial.

“Sehingga perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai- nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari klien,” terang Mery.

Mahasiswa/i Akademi Perawat mendapatkan Indeks Prestasi (IP) yang memuaskan rata-rata 3- 3,65 dari 28 orang dalam semester I ini, pelaksanaan capping day digelar di gedung pertemuan YTP Arjuna, Desa Pintubosi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).( asri)