Amran Sinaga Pimpin Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan

Amran Sinaga dilantik sebagai Ketua Umum Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berpesan kepada Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan agar tetap lah bekerja dengan ikhlas dan hati.

“Saya berkeyakinan dan menaruh harapan besar kepada Ketua Umum di bawah kepemimpinan pak Amran Sinaga, Ihutan Bolon Hasadoan Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan dapat lebih baik maju dan lebih eksis di masa depan,” katanya.

Hal itu disampaikan Bupati melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Sudiahman Saragih saat mewakili Bupati di acara pelantikan Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan masa bhakti 2021-2026 di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Simalungun, Sabtu (17/7/2021).

Diharapkan keberadaan pengurus Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga dapat menjadi mitra untuk mendukung seluruh kegiatan di Simalungun. Saat ini, Simalungun mempunyai konsep yang ada di hati dan pergaulan masyarakat yakni konsep haroan bolon (gotong royong).

“Konsep yang dibangun ini diharapkan turut didukung oleh hasadon, karena di dalamnya tidak ada paksaan, tetapi murni keikhlasan dan kerelaan, namun saat ini memang membutuhkan evaluasi,” ujar Sudiahman.

Pj Sekda juga tak lupa menyampaikan salam dari Bupati Simalungun kepada keluarga besar Ihutan Bolon Hasadaon Sinaga Rumah Bolon Harajaon Tanoh Jawa Boru Pakkon Panogolan.

Selanjutnya juga menyampaikan himbauan di masa pandemi Covid-19 untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), termasuk di kegiatan pelantikan kali ini.

Sementara Amran Sinaga menyampaikan pelantikan ini, untuk mempersatukan marga Sinaga dalam bingkai Rumah Bolon Harajaon Sinaga Tanah Jawa. “Kita tau, keturunan maupun hasusuran harajaon Tanoh Jawa telah tersebar diseluruh penjuruh tanah air bahkan di belahan dunia yang sulit disatukan. Ini jika tidak ada organisasi yang dapat menghimpun marga Sinaga di Simalungun,” kata Amran.

Dalam mempersatukan marga sinaga untuk mengapai kejaan di masa lalu, Amran Sinaga mengatakan, hal ini menjadi tugas yang tidak mudah. “Mari kita bersatu guna memberikan kontribusi dan pengabdian untuk membesarkan perkumpulan ini. Mari kita buktikan makam Raja Tanah Jawa sebelumnya adalah Istana Kerjaan Tanah Jawa, sehingga dapat memberikan manfaat kepada keturunan, hasusuran maupun masyarakat Simalungun,” sebutnya.

Amran menyampaikan, pihak siap mendukung program kerja Bupati dalam membangun dan memajukan Tanoh Habonaron Do Bona dengan motto ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

Ada pun kepengurusan yang dilantik yakni, Dewan Pendiri, Arwansyah Sinaga,  Mahdani Sinaga dan Amiruddin Sinaga. Penasehat, Ketua, Radiapoh Hasilon Sinaga, Wakil Ketua, Nur Irwansyah Sinaga dan 13 anggota.

Dewan Harajaon, Ketua, Arwansyah Sinaga dan Wakil Ketua, Kasni Sinaga. Pengurus Harian, Ketua Amran Sinaga, Sekretaris, Sofian Arnald Sinaga dan Bendahara, Akher Afrullah Sinaga.

Ini dilengkapi dengan bidang-bidang seperti organisasi dan kaderisasi,  hukum dan advokasi, adat budaya dan sejarah, ekonomi dan sosial, informasi dan komunikasi, pendidikan dan litbang.

Pelantikan dengan undangan terbatas dan mengikuti prokes itu dihadiri antara lain mewakili Danrem 022/PT, Letkol Inf M Yakup (Kasiter), mewakili Dandim 0207/SML, Kapten Inf Suwito (Danramil 07/PB), anggota DPRD Simalungun Hendra Sukmana Sinaga, pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS), Ihutan Bolon marga Purba dan Damanik serta pengurus MUI. (Rel/Zai)