Anggota Dewan Ini Sesalkan Perkataan Ketua DPRD Taput Sebut ‘Rapat Terbuka untuk Umum’

Anggota DPRD Taput, Parsaoran Siahaan.

Taput, Lintangneews.com | Pernyataan Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Poltak Pakpahan sebelum dimulai rapat, acap kali selalu mengucapkan ‘kalau jalannya rapat terbuka untuk umum’ menuai kritikan.

Kalimat itu kurang mendapat respon dan tidak dapat diterima akal sehat oleh salah seorang anggota DPRD Taput dari Fraksi Hanura, Parsaoran Siahaan, Senin (18/1/2021).

Dia menilai, pernyataan Ketua DPRD itu tidak dapat diterima nalar dan akal sehat. “Sebab ruang rapat masih juga terkesan tertutup dan dijagai petugas Satpol PP di pintu masuk,” ucapnya.

Parsaoran menilai, harusnya kalimat terbuka untuk umum itu h cerminan dari keterbukaan atau transparansi. Ini agar seluruh elemen baik itu pers, tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh lainnya bisa mengetahui hal-hal apa saja yang dibahas dan dibicarakan eksekutif dan legislatif di dalam forum rapat tersebut.

Pendapat senada dilontarkan pengamat di Taput, S Sitompul. Dirinya tidak setuju jika dikatakan jalannya rapat di DPRD Taput terbuka untuk umum, tetapi pintu ruangan rapat masih tertutup.

“Ini berarti yang hanya bisa mengetahui jalannya rapat itu cukup lah pihak eksekutif dan legislatif. Jadi ngapain diucapin kalimat itu setiap sebelum mengawali agenda rapat, ya diganti saja rapat tidak terbuka untuk umum,” ungkapnya.

Ketika dimintai tanggapannya, Ketua DPRD Taput, Poltak Pakpahan melalui WhatsApp (WA) tidak memberikan jawaban atas konfirmasi tersebut. (Purba)