Antisipasi Banjir, Warga Emplasemen Kualanamu Korek Parit

Alat berat melakukan pengorekan parit ditumbuhi enceng gondok.

Deliserdang, Lintangnews.com | Warga Desa Emplasemen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Kamis (21/3/2019) secara swadaya melakukan pengorekan parit di desa tersebut.

Dengan bantuan alat berat escavator, puluhan warga ikut membersihkankan parit yang sudah dipenuhi tumbuhan enceng gondok dan rumputan liar.

Rahmat yang menjadi koordinator gotong royong mengatakan, sebelum terjadi hal-hal tak diinginkan seperti banjir di desa mereka, lebih baik dilakukan pencegahan dahulu.

“Di desa kami ada sebuah parit besar yang saat ini banyak ditumbuhi enceng gondok. Tumbuhan itu menyebabkan saluran air tidak mengalir. Karena itu secara swadaya dengan bantuan alat berat kami lakukan gotong royong membersihkan parit,” kata Rahmat.

Menurutnya, ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir bilamana terjadi hujan deras. Rahmat menuturkan, parit itu panjangnya 250 meter dengan lebar 4 meter dan semua permukaannya ditumbuhi enceng gondok.

“Hari ini lah kami lakukan pembersihan, dengan tujuan agar air bisa mengalir ke pembuangan akhir dan desa kami bisa terlepas dari banjir,” ujar Rahmat. (idris)