Banyak Caleg Incumbent DPRD Simalungun Berpotensi Tak Duduk

Direktur Eksekutif LSN Siantar-Simalungun, Humuntal Rajagukguk.

Simalungun, Lintangnews.com | Persaingan sesama Calon Legislatif (Caleg) DPRD Simalungun semakin sengit.

Hal itu dibuktikan dari survei tahap II yang dilakukan Lembaga Survei Nusantara (LSN) Siantar-Simalungun.

“Sejak memasuki bulan Februari, survei tahap 2 sudah kita lakukan,” kata Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk saat ditemui di kantornya komplek Mega Land Blok A 49 lantai II, Kota Siantar, Jumat (25/1/2019).

Hasil dari survei yang dilakukan LSN, tak banyak jumlah caleg incumbent (petahana) yang berpotensi duduk kembali di kursi DPRD Simalungun.

“Survei tahap 2 kita lakukan selama 3 minggu. Hasilnya, lebih dari 1 orang incumbent berpotensi kalah,” jelas Humuntal.

Sejumlah Caleg incumbent yang berpotensi kalah di antaranya inisial RP dan DP berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kecamatan Tanah Jawa, Hutabayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi dan Hatonduhan.

Selain itu, ada Caleg RS diusung partai berwarna merah dan WTB diusung partai warna biru yang berasal dari Dapil VI.

“Jadi, dari hasil survei pertama dengan kedua ada perubahan. Dan hasil survei kedua ini semakin diketahui Caleg mana saja yang masih mendapat perhatian masyarakat,” jelasnya.

Sementara, para Caleg incumbent dan pendatang baru yang berpotensi terpilih dan duduk di kursi DPRD Simalungun dari Dapil I di antaranya, Maren Girsang, Elias Barus, Waridin Purba, Mey Priadin Purba, Johalim Purba, Albert Sinaga, Maha Darma Saragih dan Jarusdin Sinaga, Johialam Purba.

Selanjutnya, dari Dapil II di antaranya, Franky Sanca Siahaan, Hetty Berliana Damanik, Martua Simamora, Najaruddin, Sulaiman Sinaga, Edy Sumanto dan Sariadi Saragih. Kemudian, dari dapil III di antaranya Joel Sinaga, Fao Saut Sinaga, Jaminta Purba, Erna Sari Purba, Abu Sofyan Siregar, Iriawan dan Irwansyah Sinaga.

Sedangkan, dari Dapil IV di antaranya Lindung Samosir, Guntur Lumban Siantar, Suriadi, Sastro Joyo Sirait, Esron Simbolon, Binton Tindaon, Ucok Alatas Siagian, Muliadi dan Hendra Sukmana Sinaga.

Kemudian, dari Dapil V di antaranya, Sugiarto, Benfri Sinaga, Bona Uli Rajagukguk, Manandus Sitanggang, Johannes Sipayung. Lalu, dari dapil VI di antaranya Timbul Jaya Sibarani, Bernhard Damanik, Maraden Sinaga, Sarudin Gultom, Mansur Purba, Maranandus Tindaon, Agus Irawan Sinaga, Agustin Budianto Damanik dan John Marudut Saragih.

“Hasil survei yang kita lakukan ini bisa saja berubah. Semua tergantung kepada para Caleg bagaimana ‘mencuri’ hati masyarakat. Sehingga terpilih pada pemilihan 17 April mendatang,” tandas Humuntal. (zai)