Bawaslu Simalungun Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema ‘Peran Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024’ di Aula kantor Bawaslu, Selasa (7/6/2022).

Sosialisasi dibuka Ketua Bawaslu Simalungun, Muhammad Choir Nazlan Nasution didampingi pimpinan lainnya serta Kepala Sekretariat Bawaslu.

Peserta sosialisasi sejumlah perempuan yang terdiri dari organisasi mahasiswa, tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan di Simalungun sebanyak 25 orang.

Kegiatan yang digagas Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu itu mengundang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Simalungun, Sri Wahyuni sebagai narasumber.

Selain menjelaskan tentang pendidikan politik perempuan, narasumber juga menerangkan kendala keterlibatan perempuan dalam proses remokrasi khususnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terutama di Simalungun.

“Kendala yang dihadapi perempuan pada saat ini adalah kurangnya pendidikan politik pada perempuan termasuk sumber daya manusia, pendidikan dan kurangnya rasa percaya diri perempuan,” terang Sri Wahyuni.

Lanjutnya, diharapkan kedepan, partai politik (parpol) dapat melibatkan perempuan menjadi garda terdepan, karena sudah jelas ada peraturan terkait keterlibatan perempuan sebanyak 30 persen.

Sosialisasi dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta dengan narasumber dan pimpinan Bawaslu Simalungun.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada peserta dan foto bersama. (Rel/Zai)