Besok, Tim Humbahas Tanding Lawan Timnas Pelajar Kemenpora U-16

Sebanyak 33 putra Batak (kanan) akan bertanding melawan Timnas Pelajar Kemenpora U-16 (kiri) dalam laga persahabatan.

Humbahas, Lintangnews.com | Untuk mencari bibit pemain sepakbola putra-putra Batak, PSSI dan Sekolah Sepak Bola (SSB) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan sebuah laga persahabatan.

Dari kegiatan ini, sebanyak 33 orang putra Humbahas dari hasil seleksi pada Minggu (8/11/2020) sekira pukul 14.30 WIB akan melawan Timnas Pelajar Kemenpora U-16 di Stadion Simangaronsang.

Coacha Tata sebagai Koordinator Tim Humbahas menegaskan, kegiatan ini mencari bibit pemain baru dari putra Batak yang berprestasi di bidang sepakbola.

Dari prestasi ini, tambahnya, pihaknya mengundang pihak Kemenpora. Apalagi, Kemenpora ingin mencari bibit pemain putra Batak agar dapat bergabung dengan Timnas Pelajar Kemenpora U-16.

“Kami mencari atlit yang disiapkan dan harapannya bibit di Humbahas ini bisa dipakai untuk gabung di Timnas U-16,” katanya didampingi Warner Sinaga, pelatih penjaga gawang setelah babak penyeleksian dari 112 orang pemain, Sabtu (7/11/2020).

Coacha menambahkan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi memajukan sepakbola di Humbahas.

Menurutnya, saat ini regenerasi atlet sepak bola di Humbahas telah berjalan, tetapi masih harus disempurnakan.

Sebab, ia menilai dari kompetensi ini tidak banyak regenerasi atlit sepakbola di Humbahas mengikutinya. Sementara ini kesempatan untuk menunjukan karena bertanding dengan atlit yang berprestasi.

“Kami melihat dari ajang seleksi ini, hanya 112 orang putra Batak yang ikut. Padahal, dari amatan kita banyak yang berprestasi tetapi antusias untuk mengikuti kurang,” sebutnya.

Warner juga membenarkan kondisi itu. Menurutnya, hal itu dikarenakan regenerasi atlit sepakbola di Humbahas kurang tersentuh oleh pelatih-pelatih profesional.

“Kalau semangat tetap, tetapi ada tidak semangat dan kurang antusias. Kemudian, anak-anak kita banyak belum disentuh pelatih mengenai dasar-dasar bola,” cetusnya.

Sebab itu, lanjut Coacha, pihaknya sengaja menggelar kompetensi ini untuk pembentukan karakter dan profesionalitas. Dia mengatakan, setelah pertandingan ini, regenerasi atlit sepakbola putra Batak yang memiliki prestasi akan bergabung dengan Timnas Kemenpora U-16.

“Putra-putra kita ini akan dibawa nantinya ke Bandung dan Portugal bergabung dengan Timnas U-16 nantinya,” bebernya.

Perlu diketahui, kegiatan mencari bibit pemain putra Batak ini tampak hadir Maneger Timnas U-16, Ray Manurung bersama pelatih Rocky Putiray dan Aples Te Cuary, Kapolres Humbahas, AKBP Ronny Sidabutar dan Asisten Pemerintahaan Makden Sihombing. (DS)