Bunda PAUD, Ratnawati Radiapoh: Siap Bersinergi dengan Pemkab Simalungun untuk Pertumbuhan Anak Usia Dini

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengenakan selendang pada Bunda PAUD, Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Simalungun, Lintangnews.com | Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Sumatera Utara, Edy Rahmayadi secara virtual mengukuhkan Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Simalungun bersama sejumlah Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Sumut, Jumat (10/9/2021).

Secara virtual zoom, pengukuhan Bunda PAUD itu saksikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akmal Harif Siregar, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Debora DPI Hutasoit, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kadis PMPN, Sarimuda Purba, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bob Presly Saragih, Plt Kadis PPPA, Budi Susilowati Sirait, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Rasenni Sudiahman Saragih dan pengurus TP PKK, anak PAUD di rumah dinas Wakil Bupati Simalungun, Jalan Suri-suri Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan selempang Bunda PAUD kepada Radiapoh Hasiholan Sinaga oleh Bunda PAUD Sumut diwakili Bupati Simalungun, Radiapoh Hadiholan Sinaga di hadapan sejumlah anak usia dini yang menyaksikan pengukuhan itu.

Usai pengukuhan, Ratnawati Radiapoh menyampaikan, kesiap sediaannya untuk bersinergi dengan pihak Pemkab Simalungun, dalam mempersiapkan pertumbuhan anak usia dini menjadi generasi yang berakhlak, beretika dan memiliki jiwa membangun bangsa, khususnya di Simalungun.

“Anak usia dini di Simalungun harus mendapatkan hak yang sama dalam menikmati pertumbuhannya, apakah itu secara fisik, mental dan pengetahuan. Karena persiapan yang matang anak di usia dini, besar pengaruhnya dalam mempersiapkan dirinya memasuki masa remaja, dewasa dan berkeluarga,” kata Ratnawati.

Dikatakan, dengan mendapatkan sebutan sebagai Bunda PAUD Simalungun, merupakan tugas mulia yang dipercayakan untuk membina anak-anak sejak usia dini, sebelum mereka memasuki jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) Perguruan Tinggi dan hingga pengabdian kepada keluarga maupun negara.

“Sebagai Bunda PAUD Kabupaten, demikian juga di Kecamatan, Kelurahan dan Nagori atau Desa, patut merasa bangga, karena di PAUD lah dipersiapkan karakter anak-anak kita. Mari untuk sama-sama melaksanakan tugas mulia ini, sebagai bagian dari proses pembelajaran di jenjang PAUD,” kata Ratnawati.

Sementara itu, Bupati Radiapoh menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap program-program yang akan dikerjakan Bunda PAUD Simalungun dalam meningkatkan kualitas sarana prasarana PAUD di daerah itu.

“Pemkab Simalungun siap memberikan masukan, dan dukungan terhadap upaya apa pun yang akan dilakukan untuk mengembangkan PAUD di Simalungun. Bentuk perjuangan saya bersama Wakil Bupati, Zonny Waldi adalah mempersiapkan pendidikan yang baik bagi anak-anak dari usia dini. Upaya ini bagian dari bagaimana membangun Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyatnya sejahtera,” kata Bupati. (Rel/Zai)