Bupati Asahan Hadiri Coffe Morning di Mako Lanal TB/Asahan dan Ini Pembahasannya

Foto bersama usai kegiatan coffe morning di Mako Lanal TB/Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya hadiri kegiatan coffee morning yang digelar di Mako Lanal TB/Asahan, Rabu (13/1/2021).

Komandan Lanal TB/Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Asahan, Wali Kota Tanjung Balai dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asahan dan Tanjung Balai.

Robinson juga menyampaikan, coffee morning ini untuk membahas tindak lanjut pengerukan Sungai Asahan.

“Diharapkan dengan digelarnya coffee morning dapat menghasilkan langkah-langkah strategis dalam menyelesaikan pengerukan Sungai Asahan yang sudah sangat menghawatirkan apabila tidak segera dilakukan pengerukan,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, akibat dari pendangkalan Sungai Asahan akan membawa dampak buruk bagi mahluk hidup di sekitarnya. Ini mengakibatkan penumpukan material padat di aliran Sungai Asahan yang dapat mencemari kualitas air sungai yang mengancam bukan hanya kehidupan hewan dan tumbuhan air, tetapi juga manusia.

Menanggapi yang disampaikan Danlanal, Bupati Surya menyampaikan, Pemkab Asahan sudah membuat kesepakatan dengan Pemko Tanjung Balai dalam mencari solusi pendangkalan Sungai Asahan.

Untuk itu lah beberapa waktu yang lalu telah dilakukan kajian dengan menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) dalam melakukan kajian terkait sedimentasi di aliran Sungai Asahan.

“Saya berharap antara Pemkab Asahan dan Pemko Tanjungbalai apalagi didukung Forkopimda dapat menghasilkan progres yang nyata demi terlaksananya pengerukan Sungai Asahan dalam waktu dekat ini,” ujar Bupati.

Sementara Forkopimda Kabupaten Asahan dan Tanjung Bali sama-sama menyampaikan dukungan terhadapa rencana pengerukan Sungai Asahan tersebut. (Heru)