Bupati Asahan Serahkan SPPT dan DHKP PBB-P2 Tahun 2021

Bupati Asahan, Surya saat menyerahkan SPPT dan DHKP PBB-P2 tahun 2021 pada salah satu Camat.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Surya menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak dan Pembayaran (DHKP) Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2021 kepada Camat se Kabupaten Asahan di Aula Melati kantor Bupati Asahan, Senin (29/3/2021).

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Pemkab Asahan, Sori Muda Siregar melaporkan, penyampaian SPPT dan DHKP PBB-P2 Tahun 2021 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahunnya.

Ada pun ketetapan nilai pajak untuk tahun 2021 sebesar Rp 14.600.000.000, dengan jumlah SPPT sebanyak 210.864 lembar, sehingga lebih meningkat dari tahun 2020.

“Dalam rangka pengelolaan PBB-P2 tahun 2021, kita telah menambah lagi tempat pembayaran melalui Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Link Aja, Gopay, Pay Fazz, Bank UOB dan Bank BTN. Sehingga kapan pun wajib pajak dapat melakukan pembayaran PBB-P2 dengan fasilitas online dan secara real time yang telah disediakan Bank Sumut dan terkoneksi ke Bappenda,” sebut Sori Muda.

Sementara Bupati Surya mengatakan, pajak mempunyai peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan. Karena pajak merupakan sumber pendapatan daerah untuk membiayai belanja daerah dan salah satu dari pajak daerah adalah PBB-P2.

“Saya mempunyai keyakinan yang besar, penerimaan dari sektor PBB-P2 masih dapat dioptimalkan, apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya peningkatan dengan berbagai sarana,” paparnya.

Bupati juga mengajak agar para UPT penagihan pajak daerah, dan petugas penagih agar lebih serius dalam penagihan PBB-P2, baik tagihan tahun berjalan maupun tunggakan PBB-P2 apabila ada, sehingga target yang telah ditentukan dapat terealisasi.

Mengakhiri pidatonya, Surya mengapresiasi petugas pemungut pajak realisasi pemungutan pajak daerah, khususnya PBB-P2 tahun 2020, walaupun situasi pandemi Covid-19, namun pencapaian penerimaan pajak daerah lebih meningkat dari tahun 2019.

Selanjutnya Bupati didampingi Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin Siregar, Pj Sekretaris Daerah (Sekda), John Hardi Nasution, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum dan Kepala Bappenda menyerahkan SPPT dan DHKP PBB-P2 Tahun 2021 secara simbolis kepada Camat Kecamatan Tinggi Raja, Camat Kecamatan Air Joman dan Camat Kecamatan Sei Dadap. (Heru)