Bupati Batubara Resmikan Sejumlah Program Pembangunan di Pantai Sejarah

Bupati Batubara, Zahir melakukan kunjungan ke kawasan Pantai Sejarah.

Batubara, Lintangnews.com | Bupati Batubara, Zahir meresmikan jalan produksi perikanan, sentra kuliner, pemasaran hasil perikanan dan sumur bor di kawasan Pantai Sejarah di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Senin (8/3/2021).

“Saya berpesan, mari kita jaga dan memajukan apa-apa yang sudah dibangun di kawasan Pantai Sejarah, sehingga bisa membawa sumber penghasilan yang baru,” paparnya.

Zahir juga berharap kepada warga yang berjualan agar merubah penampilan, penataan yang menarik agar pengunjung mau datang ke Pantai Sejarah. Dia menuturkan, kedepan akan menambah lagi pembangunan di Pantai Sejarah, termasuk merapikan dan menata para pedagang di lokasi itu.

“Kami sudah berbuat untuk menggusur tempat-tempat maksiat di lokasi Pantai Sejarah. Semuanya bertujuan agar rezeki bisa mengalir lancar. Jaga kawasan ini dengan baik, agar investor mau datang ke Batubara, khususnya Desa Perupuk, Desa Gambus Laut dan daerah lain di Kecamatan Sei Suka,” paparnya.

Bupati juga menuturkan, dengan adanya Pelabuhan Kuala Tanjung dan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Sei Mangkei akan menampung tenaga kerja, khususnya masyarakat Batubara.

Kepala Dinas Perikanan, Antoni Ritonga menyebutkan, dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat nelayan di sekitar Desa Perupuk dan Kabupaten Batubara di masa pandemi Covid-19, pihaknya telah menjalankan sejumlah program.

“Seperti membagikan paket bantuan sarana budidaya Kerang Dara, penanaman 10.000 batang magrove, pembangunan jalan produksi perikanan sepanjang 206 meter, sarana sentra pemasaran hasil produksi perikanan dan air bersih, serta premi asuransi nelayan sebanyak 1.200 orang,” paparnya.

Kelompok Pencinta Magrove, Muhammad Azizi yakin dengan dibangunnya sarana tempat usaha yang baru akan bisa menciptakan terobosan baru dalam hal berusaha, termasuk menambah penghasilan warga. (Wellas)