Bupati Radiapoh Terima Audiensi Manager PTPN IV Wilayah Simalungun

Pertemuan antara Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan para Manager PTPN IV di wilayah Kabupaten Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menerima audensi Manager PTPN IV di wilayah Kabupaten Simalungun, bertempat di rumah dinas Bupati, Pematang Raya, Selasa (21/6/2022).

Dalam menerima audiensi itu, Bupati didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Perikanan dan Peternakan (Hanpangnaker), Robert Pangaribuan, Kadis Pertanian, Ruslan Sitepu, Kabag Kerja Sama, Jhon R Sinaga dan Camat Jawa Maraja Bah Jambi, Sutrisno.

Radiapoh menyampaikan, Pemkab Simalungun saat ini sedang fokus memperbaiki pendidikan dan infrastruktur jalan. Untuk itu diharapkan PTPN IV dapat bersinergi dengan Pemkab Simalungun.

“Banyak program PTPN IV yang bisa diberikan kepada masyarakat, seperti dana Corporate Social Responsibility (CSR) misalnya atau pelatihan-pelatihan, bantuan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan beasiswa,” kata Bupati.

Dia pun berharap, setiap bantuan yang akan diberikan bisa dilaporankan pada Pemkab Simalungun agar dapat menjadi aset pemerintah. Sekaligus bisa saling bekerja sama untuk menjaga dan mengawasi, serta bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Bagaimana kehadiran PTPN IV dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dimana perusahaan itu berdiri. Dan bagaimana PTPN IV itu juga bisa bersinergi dengan masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan,” ujarnya.

Selanjutnya Radiapoh menyampaikan, agar pihak PTPN IV bisa menciptakan keharmonisan antara masyarakat dan pihak perusahaan. Selain itu, harus menjaga pola komunikasi kepada masyarakat agar masyarakat ikut menjaga perusahaan.

“Kita ciptakan kolaborasi yang baik dengan masyarakat dan saling menguntungkan,” paparnya.

Manager PTPN IV Kebun Marihat, Bernat Purba menyampaikan, sudah banyak bantuan yang berikan pihaknya kepada masyarakat, seperti Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), UMKM, pelatihan-pelatihan pendidikan dan lainnya. Namun banyak infomasi yang tidak sampai ke pemerintah daerah.

“Ini juga yang menjadi hal tumpat dalam kerja sama antara PTPN IV dengan masyarakat. Kami berharap, kedepan jaminan kerja sama dengan pemerintah setempat. Kami juga siap mendukung kemajuan di Simalungun dari sektor ekonomi dan sektor lainnya,” papar Bernat.

Selain itu, dia berharap pemerintah saat ini ikut mengawasi apa yang telah diberikan pihaknya pada masyarakat. “Jadi pemerintah yang menentukan, mana yang harus didahulukan dalam menerima bantuan,” ucap Bernat. (Rel/Zai)