Bupati Surya Resmikan Musholla Pujakesuma Asahan

Bupati Surya menandatangani prasasti peresmian Musholla Pujakesuma Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya meresmikan Musholla Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kabupaten Asahan berlokasi di Joglo Pujakesuma Kisaran, Senin (4/10/2021).

Hadir dalam peresmian itu, Kapolres, AKBP Putu Yudha Prawira, mewakili Dandim 0208/AS, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesemua Asahan dan lainnya.

Ketua Pujakesuma Asahan, Rianto mengatakan, peresmian Musholla ini dapat terlaksana berkat kerja sama dari semua pengurus.

“Selain persemian Musholla, kegiatan ini juga sebagai temu kagen antara seluruh Ketua Etnis di Asahan. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya seluruh etnis dipertemukan di Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan yang diselenggarakan 2 tahun sekali. Namun saat ini tidak dapat dilaksanakan dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang melanda,” sebutnya.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahan, Bupati Surya bersama Kapolres dan undangan lainnya terlebih dahulu  memberikan santunan kepada anak yatim,  bingkisan sembako dari Pembina Umum Pujakesuma (Komjen Pol Agus Andrianto), serta penyerahan simbolis sertifikat terima kasih kepada donatur pembangunan Musholla.

Surya mengatakan, atas nama Pemkab Asahan menyambut baik pembangunan Mushollayang merupakan bahagian dari bentuk penyesuaian visi dan misi Pemkab setempat, yaitu mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani dalam pengelolaan Musholla. Yaitu, membina dan memelihara Musholla sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam, memelihara dan memperhatikan kehormatan Musholla sebagai lambang kesatuan umat. Termasuk mengoptimalkan fungsi Musholla sebagai tempat dakwah dan syiar Islam yang menimbulkan simpati, kedamaian dan ketenteraman bagi lingkungan sekitarnya,” papar Bupati.

Dia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh etnis di Asahan untuk terus melestarikan seni dan budaya yang dimiliki. Sehingga nilai-nilai seni budaya Asahan tidak hilang tergerus dengan seni budaya asing.

Di akhir kegiatan Bupati bersama Ketua PKB Pujakesuma menandatangani  prasasti. Dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua DPD Wanita Pujakesuma Kabupaten Asahan menandakan Musholla itu resmi dibuka. (Heru)